Pesona Keindahan Wisata Masjid Assalafiyah di Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta

Pesona Keindahan Wisata Masjid Assalafiyah di Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta

Keindahan Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta


Informasi Umum

Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di . Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Jakarta Timur tidak mengunjungi Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung  yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Masjid Assalafiyah di kota Jakarta Timur.



Lokasi

Dimana lokasi Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di . Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.


Daya Tarik

Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta ini didirikan Pangeran Jayakarta (Akhmad Jaketra) pada 1620, setahun setelah ia dan pengikutnya menyingkir dari Pasar Ikan ke wilayah Jatinegara Kaum ini. Itu lantaran tempat tinggalnya diserbu dan dibumihanguskan Jan Pieterszoon Coen pada 30 Mei 1619.
Tengara di pilar gerbang sebelah kanan berbunyi “Komplek Makam Pangeran Jayakarta (Achmad Jaketra), dibangun 1640 M di Jatinegara Kaum, Makam para pejuang yang melawan penjajah Belanda.” Tahun 1640 adalah tahun meninggalnya Pangeran Jayakarta. Makam dan bangunan Masjid Assalafiyah telah mengalami beberapa kali perbaikan dan perubahan. Pemugaran pertama dilakukan pada 1700 oleh Pangeran Sageri, lalu Aria Tubagus Kosim memugarnya lagi pada 1842.

Gubernur Ali Sadikin menjadikan bangunan Masjid Assalafiyah menjadi dua tingkat dan mendirikan menara pada 1969. Kanopi yang merentang dari gerbang sampai ke bangunan utama masjid, meskipun bermanfaat secara fungsional, namun menutupi pandangan ke arah Masjid Assalafiyah Jatinegara. Pemandangan bagian dalam masjid, arah ke mihrab, membelakangi area yang diperuntukkan bagi wanita. Semula Masjid Assalafiyah Jatinegara Kaum merupakan bangunan kecil disangga empat pilar serta sebuah cungkup.

Seluruh karpet masjid ditutupi karpet sajadah hijau. Tulisan kaligrafi dalam huruf Arab tampak menghiasi dinding mihrab bagian atas dan di atas pintu-pintu masuk. Kaca-kaca patri menghiasi pintu-pintu dan jendela masjid, yang merupakan sumber utama pencahayaan ruangan saat siang. Bagian dalam puncak atap Masjid Assalafiyah Jatinegra Kaum juga ada kaca-kaca patri di keempat sisinya, dan ada lampu gantung kristal berisi 12 lampu kecil dan sebuah lampu besar di tengah.

Bagian luar atap berbentuk limasan tumpang yang menyudut pada bagian ujungnya, berbeda dengan Masjid Agung Demak yang lurus tanpa kelokan. Daerah Jatinegara kaum pada jaman dahulu konon merupakan area hutan jati, sehingga di sekitar tempat ini sampai sekarang terkenal sebagai pusat kerajinan perabot kayu jati.

Fasilitas

Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta  bisa dibilang sebuah wisata sejarah dan religi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi / MCK

- Tempat Istirahat

- rumah makkan

- dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Jakarta Timur sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Jakarta Timur saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Jakarta Timur. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju hingga sampai di lokasi Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman - teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati - hati.

Peta Lokasi


Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta yang dapat saya informasikan di web teluklove.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Wisata Masjid Assalafiyah di  Pulo Gadung DKI Jakarta Timur Jakarta. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Jakarta Timur, DKI Jakarata. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top