45 Obyek Wisata Baru Yang Ada di Sumedang Jawa Barat Yang Populer

45 Obyek Wisata Baru Yang Ada di Sumedang Jawa Barat Yang Populer

45 Daftar Tempat Wisata di Sumedang Jawa Barat Harus Kamu Kunjungi - Sumedang Jawa Barat  adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Sumedang Jawa Barat dulu.Sejarah kota atau kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Di Sumedang Jawa Barat Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Sumedang Jawa Barat kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Sumedang Jawa Barat  kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Sumedang Jawa Barat mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat  yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Sumedang Jawa Barat bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Sumedang Jawa Barat  yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Sumedang Jawa Barat . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Sumedang Jawa Barat merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Sumedang Jawa Barat pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : wisata di Sumedang Jawa Barat . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota  Sumedang Jawa Barat.

Selain pantai di kota Sumedang Jawa Barat  terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Sumedang Jawa Barat diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Sumedang Jawa Barat yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.


1. Daya Tarik Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang  Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat merupakan salah satu curug yang terkenal di wilayah Jawa Barat. Selain karena termasuk kategori curug yang tinggi dengan ketinggian sekitar 50 meter, juga curugnya bertipe ganda.

Ada dua curug kembar berdampingan yang tinggi dan deras airnya sama. Letak curug ini berada di perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung. Walau demikian, secara administratif Curug Sindulang terletak di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.Curug yang juga dikenal dengan nama Cinulang ini tercipta karena proses patahan bumi yang mematahkan Sungai Citarik.

Sungai Citarik sendiri memiliki 24 mata air yang berhulu dari Gunung Kareumbi. Warga sekitar percaya jika musim kemarau tiba, Sungai Citarik tidak akan pernah surut dan tetap akan melimpah karena memiliki 24 mata air tersebut, dan airnya tetap jernih dan segar. Bahkan ada yang meyakini bahwa air curug ini membawa berkah bagi kesehatan.

Selain menawarkan kondisi air terjun yang segar dan jernih, pemandangan alami seputar curug juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ditambah lagi dengan udara yang masih alami serta suara air curug yang terjun bebas di atas bebatuan.Untuk mengakses curug ini terbilang sangat mudah karena dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Tarif masuk ke dalam taman wisata ini sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

2. Daya Tarik Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat merupakan museum yang berada di Sumedang. Tujuan di dirikannya museum ini karena ingin memperlihatkan kepasa masyarakat Sumedang khususnya dan masyarakat di Sumedang pada umumnya, bahwa di Sumedang dahulu terdapat kerajaan besar yaitu kerajaan Sumedang Larang, dengan melihat benda-benda peninggalan raja-raja tersebut dan sebagainya.

Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang di dirikannya pada tanggal 13 maret 1974 dengan ketua yayasan yang sekarang Ir.H.Rd.Gunrat Surya Putra. Di museum ini terdapat 6 gedung dan masing - masing gedung mempunyai nama diantaranya : gedung srimanganti, gedung bumi kaler, gedung gendeng, gedung gamelan, gedung pusaka, dan gedung kereta.Museum tersebut diberi nama Museum Yayasan Pangeran Sumedang, dan dikelola langsung oleh Yayasan Pangeran Sumedang.

Pada tahun 1974, di Sumedang diadakan Seminar Sejarah oleh ahli-ahli sejarah se-Jawa Barat dan diikuti ahli sejarah dari Yayasan Pangeran Sumedang, dalam seminar tersebut dibahas nama museum Sumedang. Diusulkan nama museum adalah seorang tokoh dalam Sejarah Sumedang, ternyata yang disepakati nama Raja Sumedang Larang terakhir yang memerintah Kerajaan Sumedang Larang dari tahun 1578 - 1601, yaitu Prabu Geusan Oeloen. Luas halaman Museum seluas 1,88 ha, dengan dihiasi taman-taman dan ditanami pohon-pohon langka.

3. Daya Tarik Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan salah satu wisata air yang ada di daerah Cimalaka. Jika sebelumnya hanya ada Cipanteneun, maka sekarang ada pilihan lain yang menjadi tujuan wisata air.

Wisata Air Gajah Depa merupakan wisata air yang modern dengan suasana menarik disertai dengan dentuman atau gemuruh air.Berbagai fasilitas yang melengkapi wisata air Gajah Depa ini akan memanjakan pengunjung yang datang ke Gajah Depa. Salah satu fasilitas yang menjadi andalan wisata air Gajah Depan adalah family slide. Fasilitas bermain ini berbentuk papan luncur berukuran besar. Papan luncur ini bisa digunakan untuk bermain sekeluarga dengan meluncur bersama-sama dari atas.

Dengan kapasitas sampai 10 orang, bukan hanya meluncur bersama keluarga saja, tapi bisa digunakan untuk meluncur bersama kelompok atau rombongan.Selain family slide, jenis permainan lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah spiral slide atau papan luncur berbentuk spiral dengan panjang lintasan yang cukup memuaskan. Spill bucjet, water ball, water roller, water capsule, dan hand boat adalah jenis permainan di air lainnya yang tak kalah serunya.

Semuanya bisa dinikmati oleh pengunjung wisata air Gajah Depa. Bagi yang malas berbasah-basahan, Gajah Depa menyediakan trampolin, istana boneka, dan kereta mini yang masih bisa dinikmati keseruannyGajah Depa berdiri di atas lahan seluas 1.400 meter persegi.

4. Daya Tarik Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat atau dikenal juga dengan sebutan Gunung Panjunan, Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat merupakan salah satu objek wisata yang ada di kota Sumedang.

Letaknya yang strategis yaitu berada di perlintasan jalan raya Bandung - Cirebon menyebabkan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini. Walaupun dinamakan gunung, sebenarnya lebih menyerupai bukit karena konturnya yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu luas. Posisinya berada di sebelah utara Alun-alun Sumedang dengan jarak sekitar 200 meter.

Yang menjadi daya tarik Gunung Kunci adalah adanya benteng peninggalan penjajah Belanda. Benteng ini dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1914-1917 dengan luasan sekitar 2.600 m2. Jenis bentengnya adalah benteng pertahanan yang terdiri atas tiga lantai.kawasan Gunung Kunci seluas 3,67 hektar sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) bersama-sama dengan kawasan Gunung Palasari yang luasnya 31,22 hektar.

Letak kedua tempat tersebut berdampingan, dipisahkan oleh jalan raya. Setelah ditetapkan sebagai Tahura, pengelolaannya dialihkan dari Perum Perhutani ke Pemerintah Kabupaten Sumedang.Pada gerbang masuk tidak terdapat papan nama yang menunjukkan tempat ini Gunung Kunci. Di atas pintu gerbang hanya tertulis “Wilujeng Sumping”, sapaan bahasa Sunda yang artinya “Selamat Datang”.

5. Daya Tarik Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat (Endog dalam Basa Sunda yang berarti Telur) merupakan salah satu tempat yang dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Sumedang.

Taman ini lokasinya berada di tengah-tengah kota Sumedang yang menjadi tempat untuk berekreasinya keluarga. Sebagai tempat rekreasi keluarga, Taman Endog dilengkapi dengan tempat parkir kendaraan.Taman ini dinamakan Taman Endog karena di tengah-tengahnya terdapat bangunan tugu berbentuk telur raksasa.

Di bawahnya terdapat dua buah tangan sebagai penyangganya. Taman ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang pada tahun 1990. Sementara pengelolaannya ada di bawah Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Sumedang.Sejumlah pohon palem yang meneduhkan taman endog masih berdiri tegak.

Dibangunnya taman Endog sebagai symbol atau tempat yang menjelaskan tentang wawacan Endog sapatalang yang didalamnya berisi tentang proses penciptaan alam semesta oleh Tuhan yang diibaratkan seperti Telur. Tahun 2009 Taman Endog melakukan renovasi dikarenakan kondisi fisik tugunya yang mulai rusak.

6. Daya Tarik Obyek Wisata Bumi Perkemahan Kiara Payung di Cilayung Sumedang Jawa Barat



Obyek Wisata Bumi Perkemahan Kiara Payung di Cilayung Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Bumi Perkemahan Kiara Payung di Cilayung Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Bumi Perkemahan Kiara Payung di Cilayung Sumedang Jawa Barat merupakan Tempat yang sejuk dan berada di ketinggian yang pas untuk melakukan kemping menjadikan alasan tempat ini dijadikan tempat untuk berkemah selain kesejukannya dan keindahan tempatnya. 

Udara di sekitar bumi perkemahan (Buper) Kiarapayung lumayan sejuk dan dingin, karena daerah ini berada di kaki Gunung Manglayang (1.650 Mdpl) dan berhadapan langsung kerah timur dengan Gunung Geulis (1.281 Mdpl). Konon, nama Kiarapayung berasal dari bahasa Sunda, yaitu kiara (pohon) dan payung (bernaung). Wah.. dengan udara yang sejuk dan alam pegunungan yang eksotik di sekitar Kiara Payung memang terlihat sangat indah.

Menurut sejarah, wisata Buper Kiarapayung pernah dipakai kegiatan Pramuka, yaitu Jambore Nasional 2006. Saat kita masuk kawasan ini, dipintu gerbang melihat tugu tunas kelapa yang cukup besar. akses jalan untuk kendaraan bermotor sangat baik, aspal mulus dimulai dari persimpangan Jatinangor dengan jarak tempuh sekitar 5 Km. Karena udara disekitar wisata Kiarapayung cukup sejuk,

maka tempat ini memang sangat pas buat mereka yang lagi mencari pemandangan alam, olahraga sepeda gunung (mountain bike), piknik bersama keluarga,  camping ground, trekking, photo hunting, atau bikin acara outingyang biasa digelar oleh perusahaan. Disana ada banyak lapangan besar yang bisa dipilih untuk melakukan berbagai aktifitas outdoor. Ketika hujan turun, di Kiarapayung ada beberapa shelter untuk berlindung yang bisa menampung sekitar 25 orang.

7. Daya Tarik Obyek Wisata Menara Loji Jatinangor di Jatinangor Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Menara Loji Jatinangor di Jatinangor Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Menara Loji Jatinangor di Jatinangor Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Menara Loji Jatinangor di Jatinangor Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata sejarah yang ada di kota sumedang jawa barat.

Menara Loji yang menjadi saksi sejarah dari keberadaan perkebunan teh dan karet ini berlokasi di Jatinangor dan berada tepat di lingkungan kampus ITB Jatinangor (sebelum tahun 2011 merupakan kampus UNWIM. Kini keberadaan Menara Loji ini semakin cantik dengan dipugarnya lingkungan dan dibuat taman cantik yang bernama sama, yaitu Taman Loji.Tak ada tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung untuk bisa berfoto disini alias gratis. Taman Loji yang terdapat Menara Loji ini akan semakin ramai saat hari minggu.

Obyek Wisata Menara Loji Jatinangor di Jatinangor Sumedang Jawa Barat ini dulu di jadikan sebagai penanda waktu bekerja pada jaman belanda , karena di dalam menara loji terdapat jam dinding yang berbunyi yang di gunakan untuk memberi tanda kepada pekerja perkebunan teh pada masa itu.

8. Daya Tarik Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Pakualam Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Pakualam Sumedang Jawa Barat, Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Pakualam Sumedang Jawa Barat merupakan sebuah nama untuk kawasan wisata alam (wana wisata) yang dikembangkan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang.

Wana wisata ini dikembangkan seiring dengan digenanginya bendungan Jatigede. Sehingga selain menyajikan keindahan alam pegunungan di wilayah Puncak Damar, juga menyajikan keindahan hamparan bendungan Jatigede di sebelah timurnya. Sesuai dengan namanya, Puncak Damar Jatigede berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.

Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Pakualam Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan tiba atau pada hari minggu, banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan Obyek Wisata Puncak Damar Waduk Jatigede di Pakualam Sumedang Jawa Barat ini.

9. Daya Tarik Obyek Wisata Rancagoyang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Rancagoyang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Rancagoyang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Rancagoyang di Sumedang Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan utama untuk liburan dimusim panas seperti sekarang ini. Seperti yang terjadi di Kolam renang Ranca Goyang.

Hingga saat ini, Ranca Goyang selalu menjadi salah satu pilihan warga Sumedang untuk berlibur bersama keluarga.Kolam renang Ranca Goyang yang beralamatkan di jalan Prabu Tadjimalela (belakang Polsek Sumedang Utara) ini memang memiliki magnet tersendiri untuk menyedot perhatian pengunjungnya. Disamping letaknya yang strategis dan mudah di jangkau dari pusat kota, kolam renang ini juga memiliki beberapa fasilitas yang jarang ditemukan di tempat lain.

Ranca Goyang memiliki empat kolam yang dibagi menjadi dua kriteria, yaitu untuk kalangan dewasa dan anak-anak. Dan, untuk memberikan pelayanan terbaik pada pengunjungnya, pihak pengelola selalu memperhatikan akan kebersihan setiap kolamnya.Tak hanya kolam yang selalu diperhatikan pihak pengelola, melainkan setiap pengunjung akan dimanjakan dengan sarana yang ada di sekeliling kolam. Mulai dari lapangan parkir yang luas, tempat menunggu yang nyaman, dan ruang ganti yang bersih.

10. Daya Tarik Obyek Wisata Wisata Curug Bu'ud di Sukatani  Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Wisata Curug Bu'ud di Sukatani Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Wisata Curug Bu'ud di Sukatani Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Wisata Curug Bu'ud di Sukatani Sumedang Jawa Barat adalah salah satu wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Sumedang. Sumedang adalah salah satu kabupaten yang bersebelahan langsung dengan Bandung.

Dan Curug Buhud/Curug Bu’ud ini juga letaknya tak jauh dari pusat kota/Alun-alun Kota Sumedang. Curug Buhud/Curug Bu’ud ini tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 6 meter. Namun, air terjun ini memiliki panjang yang cukup lebar, yaitu panjang sekitar 35 meter.penamaan air terjun ini memiliki cerita yang unik. Kebanyakan dari tempat wisata alam seperti danau dan air terjun memiliki nama karena memiliki cerita rakyat atau karena diambil dari nama daerah tersebut.

Sebut saja Situ Bagendit yang berasal dari cerita rakyat atau Curug Cimahi yang berasal dari nama daerah dimana air terjun itu berada. Hal lain dari air terjun ini. Curug Bu’ud ini memiliki singkatan, yaitu “Badan Usaha Unit Desa”, yang disingkat menjadi Bu’ud. Hal itu karena air terjun ini berada tepat dibelakang sebuah kantor usaha unit desa yang berada di Desa Sukatani. Lambat laun karena pelafalan yang berbeda,banyakmasyarakat menyebutnya curug buud.

11. Daya Tarik Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumeang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota sumedang dan sekitarnya.

Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat sangat cocok sekali di datangi bersama keluarga ataupun bersama rekan kerja anda, Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun menjelang liburan tiba, banyak wisatawan yang datang dari kota sumedang atupun dari luar kota sumedang,

Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat terdiri dari beberapa kolam renang untuk dewasa dan anak anak, selain itu banyak sekali wahana permain air di Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat ini, sehingga banyak wisatawan yang suka datang ke Obyek Wisata Waterboom Paseh di Paseh Sumedang Jawa Barat ini.

12. Daya Tarik Obyek Wisata Tugu Binokasih di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Tugu Binokasih di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Tugu Binokasih di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Tugu Binokasih di Sumedang Jawa Barat ini merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di kota sumedang jawa barat. Dengan diameter 15 mtr. serta tinggi sekitaran 12 mtr, tugu ini menjadi ciri khas Sumedang.

Di sekitaran tugu juga bakal dihiasi air mancur serta taman yang indah serta malam hari bakal dihiasi lampu cahaya laser.Tugu ini menonjolkan serta memperkuat nilai-nilai budaya yang terdapat dalam patung mahkota itu. Binokasih sendiri yaitu mahkota kerajaan Sumedang yang didapat dari kerajaan Pajajaran serta adalah lambang penyerahan waktu itu.

Prabu Geusan Ulun yang terima mahkota yang diantar oleh empat Kandaga Lante kerajaan Pajajaran.Pembuatan tugu tersebut sebagai simbol atau ungkapan kebanggaan masyarakat Sumedang. Salahsatunya sebagai sosialisasi serta promosi kepada masyarakat bahwa Sumedang memiliki benda bersejarah bernilai tinggi yang merupakan kejayaan Kerajaan Sumedang Larang di masa silam.

13. Daya Tarik Obyek Wisata Alun Alun Sumedang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Alun Alun Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Alun Alun Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Alun Alun Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan ikonx kkota sumedang, Alun-alun yang dikelilingi oleh bangunan penting sebagai tanda pusat kota.

Di sekeliling Alun-alun Sumedang diisi dengan bangunan penting yaitu kompleks pendopo Kabupaten Sumedang yang letaknya di sebelah selatan dan Gedung DPRD di sebelah utaranya. Sementara di sebelah timur ada bangunan penjara, dan Masjid Agung Sumedang di sebelah baratnya.

Jika dahulu kala Alun-alun ini berupa tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan dan pepohonan di sekelilingnya, maka pada saat ini telah berubah menjadi tempat bermain bagi masyarakat yang dilengkapi dengan taman dan beberapa buah bangunan untuk berteduh seperti gazeboo, beberapa buah tempat duduk berupa kursi panjang di bawah naungan pepohonan. Ada juga air mancur dan kantin untuk sekedar membeli makanan ringan.

Di tengah Alun-alun ini terdapat monumen peninggalan jaman Belanda yaitu monumen Lingga yang didirikan pada tahun 1902. Di sekeliling alun-alun diberi pembatas pagar dari besi dan tembok.Tiap hari Ahad, Alun-alun ini sangat ramai oleh pengunjung, baik yang sekedar numpang lewat atau sengaja berkunjung untuk bermain/rekreasi.di sekeliling Alun-alun Sumedang suka dipenuhi dengan pedagang kaki lima.

14. Daya Tarik Obyek Wisata Masjid Agung di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Masjid Agung di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Masjid Agung di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Masjid Agung di Sumedang Jawa Barat dibangun pada 1850 dan merupakan perpaduan arsitektur Tionghoa dan Islam. Perpaduan arsitektur Tionghoa-Islam itu terlihat pada atap masjid bersusun tiga, mirip bangunan pagoda, kelenteng, atau vihara. Disusun makin ke atas makin kecil.

Tingkatan paling atas berbentuk limas yang disebut mamale.Pada bagian puncaknya bertengger sebuah benda yang disebut mustaka. Bentuknya menyerupai mahkota raja-raja di masa lampau Bentuk mimbarnya sangat antik dan dibiarkan berdiri dalam bentuk aslinya, dengan empat tiang yang dicat keemasan dan bangunan kecil dengan atap limas.

Tempat khatib berdiri dibuat dengan empat trap sebagai tangga dan tempat duduknya seperti singgasana kerajaan.Ciri khas yang paling menonjol pada bangunan Masjid Agung Sumedang adalah banyaknya tiang penyangga. Tiang penyangga utama yang dibuat tempo dulu tidak terbuat dari besi dan beton, tapi dibuat dari susunan bata yang dibulatkan dengan ukuran besar.

Obyek Wisata Masjid Agung di Sumedang Jawa Barat ini selalu ramai di kunjunggi oleh wisatawan karena selain untuk meleksanakan ibadah,para wisatawan juga berkeliling melihat keindahan bangunan masjid agung di sumedang jawa barat ini.

15. Daya Tarik Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata hiburan yang terkenal di kota sumedang jawa barat.

Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ini merupakan obyek wisata berupa tempat pemancingan di area yang sangat luas, terdapat kolam pemancingan ikan, selain itu ikan di Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ini beraneka ragam ada ika tuna, ikan mujaer, dan masih banyak ikan lainnya.

Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ini sangat cocok untuk mengisi liburan dan juga dapat menghilangkan kejenuhan setelah lelah bekerja. Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan, bbanyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan dengan datang di Obyek Wisata Pemacingan Cikandang Indah di Sumedang Jawa Barat ini.

16. Daya Tarik Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat merupakan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) yang mengandalkan kompleks Rumah Adat Sunda julang ngapak dan kadal depa serta upacara adat Ngalaksa dan Tari Tarawangsa sebagai daya tarik wisata utama.

Rumah budaya tersebut, dapat dijadikan sebagai fasilitas berbagai pertunjukan dan latihan yang berkaitan dengan budaya tradisional khususnya Sumedang. Ada empat buah rumah adat yang berada di kawasan ini ditambah dengan satu buah aula besar.  keberadaan rumah pemangku adat di kawasan tersebut selain berfungsi untuk pelestarian dan pengembangan budaya Sunda, juga akan menjadi daya tarik wisata budaya bagi Kab. Sumedang.

Seperti dengan difungsikan sebagai tempat menggelar event-event budaya, di samping upacara adat ngalaksa yang biasa digelar setahun sekali di Rancakalong.Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat ini ramai di kunjunggi menjelang hari libur banyak wisatawan yang datang untuk melihat keunikan rumah adat yang ada di Obyek Wisata Panenjoan Pasir Biru di Sumedang Jawa Barat ini.

17. Daya Tarik Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata sejarah yang sangat terkenal di kota sumedang dan sekitarnya.

Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang bernilai sejarah karena sebenarnya nama hanjuang kutamaya adalah nama sebuah pohon yang memiliki legenda tentang kota sumedang. dana sampai sekarang pohon hanjuang larang masih tetap tumbuh subur di kota sumedang jawa barat, bagi masyarakat sumedang cerita mengenai hanjuang kutamaya sudah tidak asing lagi, namun bagi wisatawan yang berasal dari kota lain bisa membaca kisahnya karena sudah ad di buku cerita mengenai pohon hanjuang kutamaya,

Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat ini banayak di kunjunggi oleh wisatawan karena ingin melihat langsung pohon hanjuang kutamaya yang sudah berumur ratusan tahun dan tetap hidup dan tumbuh subur, selain itu Obyek Wisata Hanjuang Kutamaya di Sumedang Jawa Barat juga di jaga oleh juru kunci atau kuncen.

18. Daya Tarik Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat adalah tempat eksotik tersembunyi yang menurut kami menyimpan potensi wisata alam yang besar.

Wanawisata Ciburial mempunyai bukit kecil yang memiliki track menarik dan tidak terlalu terjal. Trak ini sangat cocok dan memudahkan terutama untuk mengenalkan alam kepada anak-anak. ibagian bawah wanawisata tersebut ada sebuah mata air besar yang khusus ditempatkan pada sebuah kolam yang berukuran 30 x 10 meter.

Menurut sumber setempat mata air tersebut akan sangat terlihat terutama pada musim kemarau. Sebagaimana lazimnya mata air, air disitu sangat jernih dan segar walaupun ditanami ikan dan seringkali dijadikan arena memancing anak-anak.

 Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi pecinta alam ataupun bagi wisatawan yang punya hobi berpetualang, karena untuk sampai di  Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini di butuhkan perjuangan yang keras, dan medan yang di lalui juga sangat menantang.

19. Daya Tarik Obyek Wisata Wisata Kampoeng Ciherang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Wisata Kampoeng Ciherang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Kampoeng Ciherang ini terletak di Desa Cijambu Kabupaten Sumedang dengan luas area sekitar 12,80 Ha. Kampoeng Ciherang memiliki keindahan alam yang dijaga kelestariannya,

daerah yang rindang dengan pohon pinus, air jernih yang mengalir di sepanjang hutan, air terjun berbatu yang eksotis serta udaranya yang sejuk menjadi daya tarik yang akan menyegarkan setiap pengunjung yang datang.Selain keindahan alam dan kesejukan udaranya di Wana Wisata Kampoeng Ciherang ,

para wisatawan pun dapan menguji andrenalinya karena dilokasi tersebut tersedia pula outbound dan flying fox.Wana Wisata Kampoeng Ciherang bisa menjadi pilihan wisata keluarga, karena berbagai fasilitas wisata yang disediakan sangat lengkap mulai dari permainan anak-anak hingga orang dewasa pun tersedia. Selain itu juga harga tiket yang cukup terjangkau yaitu Rp. 30.000,

Obyek Wisata Wisata Kampoeng Ciherang di Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan ataupun pada hari minggu banyak wisatawan yang datang ke Obyek Wisata Wisata Kampoeng Ciherang di Sumedang Jawa Barat ini.

20. Daya Tarik Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat  merupakan sebuah gunung yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Gunung Calancang secara administrasi berada di perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.

Di Kabupaten Sumedang gunung ini mencangkup Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Cibugel. Sedangkan di Kabupaten Garut mencangkup Kecamatan Blubur Limbangan dan Kecamatan Selaawi. Gunung Calancang ini mempunyai ketinggian 1.667 meter di atas permukaan air laut Mdpl dengan ketinggian relative 1.600 Mdpl. Di sekitar Gunung Calancang terdapat puncak lainnya seperti Puncak Sindulang (1.506 Mdpl), Puncak Pilar (1.649 Mdpl) dan Puncak Pasir Harendong (1.639 Mdpl).

Disebalah barat Gunung Calancang terdapat Gunung Kerenceng. Sungai yang berhulu di gunung ini antara lain Sungai Citarik, Sungai Cihonje, Sungai Cideureus, Sungai Cikuya, Sungai Cigunung dan Sungai Cilingga.Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi para petualang dan juga para pecinta alam, karena butuh perjuangan yang keras untuk sampai di Obyek Wisata Gunung Calancang di Sumedang Jawa Barat.

21. Daya Tarik Obyek Wisata Gunung Jagad di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Gunung Jagad di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gunung Jagad di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gunung Jagad di Sumedang Jawa Barat merupakan sebuah kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan ekosistemnya, termasuk tumbuhan dan satwa yang ada di dalamnya yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Kawasan ini terletak di Gunung Jagat, Dusun Cibareubeu Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal.

Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat termasuk kawasan yang cukup luas. Luasnya sekitar 126,60 hektar. Dan secara administratif terbagi ke dalam dua wilayah pemerintahan, yaitu termasuk Desa Sukamanah di bagian selatannya dan bagian utaranya termasuk wilayah Desa Cisampih Kecamatan Jatigede. Lokasinya sekitar 5 km dari Wado.Secara topografi, Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat memiliki bentang permukaan tanah yang bervariasi dari bergelombang sedang, berbukit, sampai bergunung-gunung dengan ketinggian tempat antara 454 s.d. 742 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini mempunyai tiga rangkaian pegunungan yaitu Gunung Jagat di sebelah barat, Gunung Paseur di bagian tengah dan Gunung Kencana di sebelah Timur.

Kawasan Gunung Jagat diresmikan menjadi kawasan cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 132/Kpts/Um/12/1954 tanggal 6 Desember 1954. Kawasan ini memiliki kekhasan tumbuhan dan hewan, terdapat ekosistem yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Gunung Jagat memiliki kodisi alam yang masih alami dan belum pernah diganggu oleh manusia. Penghuni yang berada di kawasan Gunung Jagat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu flora (tumbuh-tumbuhan) dan fauna (hewan).

22. Daya Tarik Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata berupa batu yang sangat terkenal di kota sumedang jawa barat. Batu Agung memiliki ciri tersendiri, unik bahkan terbilang langka merupakan sebongkah batu raksasa yang sudah ada sejak dahulu kala, mungkin karena berukuran raksasa, masyrakat setempat menyebutnya dengan Batu Agung.

Keunikan Batu Agung selain memiliki ketinggian sekitar 50 meter juga memiliki logan goa yang nyaris belum terjamah manusia. Di antara bebatuan yang mengelilinginya berbentuk lorong yang dapat ditelusuri. Menurut para pengamat Batu Agung terbentuk akibat magma yang mendesak lapisan kulit bumi kemudian membeku ribuan tahun lalu.Bentuk batu dan ukuran yang luar biasa dengan lorong goa yang misterius membuat kawasan ini berpotensi kuat menjadi kawasan wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri.

Menyusuri kawasan Batu Agung sangat mengesankan berada dihamparan lahan yang ditumbuhi ratusan pohon mangga, aneka tanaman keras serta gemercik aliran sungai Cisaar. Suasana sepi yang sesekali diselingi jeritan puluhan lutung sejenis kera yang dilindungi. Selain memiliki potensi wisata alam Batu Agung menanti kehadiran penggemar olah raga rock climbing dengan kondisi ketinggian dan kecuramannya yang cukup menantang guna uji nyali.

Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat ini sangat cocok sekali buat para wisatawan yang suka dengan petualangan karena untuk menuju Obyek Wisata Batu Agung di Sumedang Jawa Barat di butuhkan kerja keras dan juga penuh rintangan.

23. Daya Tarik Obyek Wisata Curug Cigorobog di Citengah Sumedang Jawa Barat



Obyek Wisata Curug Cigorobog di Citengah Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Cigorobog di Citengah Sumedang Jawa Barat ini.Curug Gorobog memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan tiga undakan.  Obyek Wisata Curug Cigorobog di Citengah Sumedang Jawa Barat Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Sumedang dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.  hingga tiba di pintu gerbang masuk.  Sayangnya kondisi jalan menuju kesana tidaklah mulus, banyak sekali lubang-lubang mengganggu di sepanjang perjalanan.

Curug ini memiliki beberapa turunan air atau undakan. Dengan ketinggian curugnya sekitar 40 meter, curug ini setidaknya memiliki tiga buah undakan. Dengan masing-masing undakan memiliki teras air yang bisa digunakan untuk bermain-main atau berendam.

Air yang mengalirnya tidak terlalu deras, namun sangat sejuk dan jernih. Jika berendam akan terasa menyejukkan badan. Di bagian paling bawahnya ada aliran sungai kecil yang bisa dipakai untuk bermain anak-anak. Jadi, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga. Dengan biaya tiket yang murah, cukup dengan membayar Rp. 3.000 per orang dewasa, tempat ini menarik untuk dikunjungi.dan biasanya ramai di saat liburan tiba.

24. Daya Tarik Obyek Wisata Curug Sabuk di Margamekar Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Sabuk di Margamekar Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah margamekar  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Sabuk di Margamekar Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Sabuk di Margamekar Sumedang Jawa Barat merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Sumedang yang bisa dibilang masih jarang dikunjungi. 

Bagi yang ingin mengunjungi curug ini, lebih baik menyewa guide dari penduduk lokal, dikarenakan lokasinya yang berada di dalam hutan.Curug ini memiliki enam buah curahan air dengan ketinggian yang berbeda-beda.  Curahan tertinggi mencapai sekitar 70 meter.  Ada dua curahan air yang berdekatan membentuk seolah-olah curug kembar.Untuk mengunjunginya curug ini herus melewati berbagai medan alam, mulai dari areal pesawahan, hutan pinus, kebun salak dan menyeberangi sungai serta jalan menanjak dan menurun.

Dan untuk mengaksesnya tidak bisa tidak harus dengan berjalan kaki. Walau melelahkan, akan terobati dengan suasana alam yang masih asri serta pemandangan alam sepanjang perjalanan. Perjalanan selepas jalan besar akan disambut dengan hamparan sawah luas dengan latar bukit-bukit. Disambung dengan jalan setapak di sisi sungai hingga kemudian memasuki hutan yang cukup rapat dengan jalan yang semakin menanjak, kemudian ada turunan, serta melipir punggungan bukit hingga melewati aliran sungai.

Jika beruntung, di perjalanan bisa bertemu dengan hewan-hewan langka seperti lutung, monyet dan kucing hutan.Air tejunnya sendiri, ada beberapa buah air terjuan, baik yang besar maupun yang kecil dengan ketinggian berbeda-beda. Setidaknya ada empat air terjun di Curug Sabuk ini, dengan dua curug besar yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter berdampingan. Air yang mengalir dari atas Curug cukup bersih dan jernih serta dingin dan menyegarkan.

25. Daya Tarik Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di kota sumedang jawa barat. kawasan pariwisata terpadu yang terdiri dari berbagai fasilitas rekreasi dalam nuansa tradisional Jawa Barat.

Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat Terletak di daerah perbukitan, 2 kilometer dari pusat kota Sumedang, menawarkan pemandangan indah dan udara segar dari Parahyangan. Tersedia 20 villa dalam berbagai jenis yang berbeda. Dilengkapi dengan kolam renang, restoran, ruang pertemuan dan fasilitas outbound.

Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datang ke Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat ini untuk melihat keindahan Obyek Wisata Kampung Toga di Sumedang Jawa Barat ini.

26. Daya Tarik Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu di Citengah Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu di Citengah Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu di Citengah Sumedang Jawa Barat ini. Perkebunan teh ini termasuk wilayah Desa Citengah, dan ketika mengunjungi perkebunan ini akan melewati kawasan wisata Cibingbin dan Curug Cigorobog. Sekalian saja, selain berlibur ke perkebunan teh bisa sekaligus mencoba suasana wisata air Cibingbin dan curug Cigorobog.

Untuk mengunjungi perkebunan teh Margawindu ini bisa melalui jalan besar yang bisa ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit. Arahnya, kalau dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Untuk mencapainya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Hanya saja jalan aspalna sudah jelek, banyak bolong-bolongnya. Sepanjang jalan menuju ke tempat tujuan akan tersaji pemandangan yang indah seperti hamparan pesawahan beserta perbukitan dan aliran sungai yang jernih.

Berkaitan dengan suasananya, perkebunan teh Margawindu ini lebih alami. Udaranya masih sangat segar alami dan tidak terlalu bising dengan kendaraan yang lalu-lalang. Menurut cerita, di perkebunan teh ini dulunya ada bekas bangunan milik Belanda. Hal ini bisa dibuktikan dengan bekas fondasi rumah, tegel dan sisa bata yang antik. Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu di Citengah Sumedang Jawa Barat sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan datang ke Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu di Citengah Sumedang Jawa Barat ini.

27. Daya Tarik Obyek Wisata Gunung Tampomas di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Gunung Tampomas di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gunung Tampomas di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gunung Tampomas di Sumedang Jawa Barat adalah salah satu gunung berapi yang secara administratif berada di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Cimalaka, Buah Dua, Conggeang, Tanjungkerta dan Cibeureum, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian 1684 meter dari permukaan laut. Pendakian melalui jalur ini memakan waktu sekitar 4-6 jam hingga menuju puncak. Disini tidak terdapat penyebutan pos-pos pendakian yang jelas seperti halnya di beberapa gunung lainnya. Namun di beberapa titik terdapat area yang cukup luas yang bisa digunakan untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian. Di beberapa titik bisa digunakan untuk mendirikan satu atau dua tenda jika seandainya pada saat melakukan pendakian Anda terpaksa harus bermalam sebelum menuju puncak.

Gunung Tampomas dihuni oleh berbagai jenis fauna seperti trenggiling,owa yang mukanya berwarna hitam, lutungdan monyet biasa. Ada juga HarimauLodaya, Harimau Kumbang, Harimau Tutul,Meong Congkok, Landak, berbagai jenis ular dan kaljengking.Adapun flora yang ikutmenghuni gunung ini seperti Jamuju,Rasamala, dan Saninten.Pemandangan malam hari dari puncak juga tidak kalah hebat dan menawan. Gemerlap lampu-lampu Kabupaten Sumedang dan taburan bintang-bintang (jika cerah) membuat kita betah berlama-lama menikmati syahdunya malam yang dihiasi hembusan dingin udara pegunungan.

28. Daya Tarik Obyek Wisata Situ Cilembang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Situ Cilembang di Heriang Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Situ Cilembang di Heriang Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Situ Cilembang di Heriang Sumedang Jawa Barat memiliki berbagai nama diantarnya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang hingga ada  juga yang menyebutnya dengan Labuan Cermin Cilembang Sumedang.

Tempat tersembunyi di Kabupaten Sumedang ini berlokasi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahduasumedang jawa barat,Kedalaman Situ Biru Cilembang ini diperkirakan sekitar tiga meter. Air dari Situ Biru Cilembang ini tidak benar-benar berwarna biru. Warna birunya hanya pantulan warna langit saja karena airnya jernih sehingga seolah-olah seperti cermin.

Menurut warga ada beberapa ikan yang terlihat muncul di Situ Biru Cilembang, diantaranya seperti ikan Nilem, Wader atau ikan Lunjar Padi, sengol hingga terkadang muncul juga kura-kura air tawar.Karena berlokasi di hutan alami, hawa dan udara di sekitar Situ Biru Cilembang sangat sejuk sekali. Keindahan alam Situ Biru Cilembang memang sangat pas dengan kesejukan udara sekitar. Rasanya benar-benar segar dan membuat penat langsung hilang.

29. Daya Tarik Obyek Wisata Curug Ciputrawangi di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Ciputrawangi di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Ciputrawangi di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Ciputrawangi di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di kota sumedang jawa barat. Ciputrawangi ini juga kerap disebut warga dengan Curug Narimbang. Curug ini memang berada di kaki gunung Tampomas yang merupakan kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas.

Pohon besar di sekeliling Curug merupakan pertanda bahwa alam dan lingkungan sektiar Curug Ciputrawangi ini sangat terjaga kelestariannya. Hal ini tentu tak lepas dari peran warga yang juga ikut menjaga kelestarian alam kaki Gunung Tampomas. Tidak mudah memang, namun hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama. Kalian yang hadir sebagai pendatang sebaiknya juga ikut serta menjaga kelestarian alam Curug Ciputrawangi Sumedang.Curug ini merupakan sumber air minum berbagai satwa di sekitar kaki Gunung Tampomas.

Alih-alih ingin menikmati keindahan alam, kalian justru bisa grogi jika bertemu satwa liar di alamnya langsung. Apalagi jika bertatapan mata langsung dengan si Macan Kumbang. Curug Ciputrawangi tidak terlalu tinggi, dan kalian bisa berenang disini karena terdapat kolam yang terbentuk dibawahnya. Curug Ciputrawangi ini memiliki medan yang tidak terlalu sulit.

Akses masuk dari tempat parkiran juga sudah memadai. Bahkan jika liburan bersama keluarga ke Curug Ciputrawangi ini pun masih memungkinkan. Hanya saja, kalian harus ekstra waspada terutama saat musim hujan, selain jalan licin juga pasti kotor karena tanah merah yang berlumpur. Pastikan kalian menggunakan alas kaki yang nyaman dan mudah kering.

30. Daya Tarik Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing di Cilangkap Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing di Cilangkap Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing di Cilangkap Sumedang Jawa Barat ini. Pemandian air panas Cileungsing Buahdua Sumedang terletak di desa Cilangkap Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Pemandian air panas Cileungsing sering disebut Cipanas Cileungsing Buahdua. Cipanas Cileungsing berada di kaki gunung Tampomas sebelah utara kota Sumedang.

Di daerah ini banyak sekali muncul air panas lebih dari 10 titik, tetapi yang letaknya dipinggir jalan dan debit airnya yang cukup tinggi yaitu Cipanas Cileungsing Buahdua dan Cipanas Conggeang. Beda dengan pada umumnya pemandian air panas, Cipanas Cileungsing debit airnya kurang lebih 50 liter perdetik dan rasanya panas sekali. Panasnya panas asli bukan panas buatan dan terbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk mengobati sakit kulit dan reumatik.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing di Cilangkap Sumedang Jawa Barat ini paling ramai dikunjungi pada hari-hari libur dan lebih ramai lagi adalah pada Hari Raya Idul Fitri (lebaran). Bila Anda datang pada hari lebaran tengoklah ribuan wisata datang dari berbagai kota dan yang paling banyak mengunjungi adalah dari Karawang, Subang, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Cirebon. Maka jangan heran hiburan yang ditampilkan pada hari lebaran tersebut adalah musik tarling.

Disini juga ada mata air keramat Cileungsing dengan Juru Kunci bernama Abah Datim. Diluar itu, untuk Anda yang miliki penyakit kulit atau penyakit lain menginginkan penyembuhan dengan air panas alami, coba untuk datang ke pemandian air panas Cileungsing Buahdua.

31. Daya Tarik Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah adalah curug  yang masih alami dimana belum banyak terekpose.  Curug ini tersembunyi di sebuah ceruk tebing batu cadas yang menjulang tinggi di dekat hutan Gunung Tugu.  Di depan air terjun ini terhampar persawahan yang berundak-undak.

Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu dan juga hari libur banyak wisatawan yang menghabiskan liburan di Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat ini sangat cocok sekali di kunjunggi bersama teman kerja ataupun bersama rekan sesama pecinta petualang.

karena Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat membutuhkan perjuangan yang keras dan juga di butuhkan kesabaran untuk sampai di Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat ini.selain keindahan curugnya, suasana alam yang masih alami sangat di sukai oleh wisatawan untuk menghilangkan kejenuhan dan juga untuk mencuci otak setelah lelah bekerja, Obyek Wisata Curug Cipongkor di Sumedang Jawa Barat ini salah satu alternatifnya.

32. Daya Tarik Obyek Wisata Air Sirah Cipelang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Air Sirah Cipelang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Air Sirah Cipelang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Air Sirah Cipelang di Sumedang Jawa Barat merupakan sebuah mata air. Mata air yang berada di tempat ini keluar dari sebuah bukit kecil diantara rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar mata air ini. Mata air ini kini digunakan sebagai saluran irigasi yang berfungsi sebagai sumber air bagi perkampungan warga seperti keperluan sehari hari.

Selain itu sumber dari mata air ini berfungsi sebagai sumber air bagi pengairan perkebunan, ladang dan peternakan kampung warga sekitar Mata Air Cipelang.terdapat mata air yang airnya sangat jernih, dan hidup beberapa ikan besar dan kecil. Mata air tersebut tertampung dalam sebuah kolam kecil seperti kolam renang mini yang sering digunakan warga untuk keperluan mandi dan mencuci.Airnya yang jernih layaknya seperti air minum mineral kemasan menjadikannya sebagai tempat wisata yang murah-meriah bagi warga kampung dimana mata air ini berada.

Selain berada dekat dengan perkampungan, mata air ini juga berada ditengah sawah serta peternakan milik warga. Selain bisa menikmati keindahan alam yang hijau, kamu juga bisa menikmati segarnya udara khas pedesaan yang alami dan sejuk.Yang unik lainnya dari tempat ini adalah hadirnya ikan-ikan kecil dan besar yang hidup di kolam Mata Air Cipelang ini. Selain bisa berenang di airnya yang jernih, kamu juga bisa berfoto underwater bersama ikan-ikan.

33. Daya Tarik Obyek Wisata Pangjugjugan di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Pangjugjugan di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pangjugjugan di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pangjugjugan di Sumedang Jawa Barat ini Berada di atas perbukitan dengan suhu yang sejuk dan pemandangan alam yang memesona, lokasi ini pun didukung berbagai macam fasilitas rekreasi dan arena bermain anak.

Alam wisata Pangjugjugan tepatnya berada di Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, kira-kira 3 kilometer dari Simpang ke arah Parakan Muncang.Di Alam Wisata Pangjugjugan pengunjung bisa menikmati  kolam renang, permainan flying fox, dan juga kegiatan outbond lengkap. Tak hanya itu, di tempat ini pun ada penginapan Rumah Adat, yang terdiri dari 60 kamar penginapan dan 15 tempat lesehan.Tak kalah menarik pula, di tempat ini terdapat layanan pengobatan alternatif, terapi ikan.

Konon terapi ini mampu mengobati banyak penyakit, salah satunya reumatik. Selain wisata alam ternyata ada ekowisata, bisa keliling kebun, peternakan ungas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong. Ada juga sekolah alam, outbond, pelatihan,  bahkan pemancingan juga ada. Untuk ekowisata tidak bayar lagi. “Kalau musim panen biasanya pengunjung memetik sendiri,  nanti dihitung sesuai hasil petiknya saja.

34. Daya Tarik Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di kota sumedang jawa barat. olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata.

Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi. Arena ini lebih menantang dibandingkan dengan lokasi Kampung Toga yang sebelumnya sering digunakan sebagai tempat olahraga paralayang. Walau tempatnya lebih jauh dari kota Sumedang, namun menilik lokasinya sangat bagus untuk dijadikan tempat olahraga dirgantara seperti paralayang.

Di sini pencinta olahraga dirgantara bisa melayang di udara sejauh 45 km dengan durasi sampai tiga jam.Batu Dua merupakan salah satu lereng bukit yang ada di kawasan Gunung Lingga Desa Cimarga Kecamatan Cisitu. Wilayah ini memiliki ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang mempesona.

Adanya panas kawasan dan hembusan angin di sekitar kawasan Batu Dua sangat mendukung olahraga paralayang ini. Panas kawasan bisa menerbangkan paralayang lebih tinggi lagi, lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Sehingga bisa terbang lebih lama. Hembusan angin membuatnya bisa melakukan manuver serta bisa mencapai berbagai tempat pendaratan yang tersedia.Areal pendaratan sendiri bisa memilih, dan kebanyakan merupakan areal pesawahan yang terhampar di bawahnya.

35. Daya Tarik Obyek Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata sejarah di kota sumedang jawa barat. banyak wisatawan yang ziarah ke makam Raja Pertama Sumedang Larang, Eyang Prabu Tajimalela Batara Tungtang Buana yang berada di puncak Gunung Lingga.

Gunung Lingga masuk dalam wilayah administratif Desa Cimarga, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa di puncak Gunung Lingga ini lah Prabu Tajimalela, Raja Sumedang Larang menghilang alias ngahyang. Saat ini, makam Prabu Tajimalela merupakan salah satu cagar budaya di Kabupaten Sumedang.

perjalanan menuju Gunung Lingga sampai pintu masuk kawasan makam ditempuh selama 1,5 jam. Setibanya di pintu masuk (pintu rimba), perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke puncak gunung. Kondisi jalan tangga menuju makam di puncak Gunung Lingga yang berjarak sekitar 400 meter sangat menanjak dan dapat di tempuh dalam waktu 1 jam hingga tiba di lokasi makam di puncak gunung. ritual ziarah pun  bisa di lakukan oeh wisatawan dan dilanjutkan dengan dziki.

Obyek Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan atau pada hari hari tertentu misalnya hari di mana bisa di lakukan pada musih ziarah.

36. Daya Tarik Obyek Wisata Pemandian Air Panas Congeang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Congeang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pemandian Air Panas Congeang di Sumedang Jawa Barat ini.Wisata Cipanas Sekarwangi ini dilengkapi dengan kolam renang air panas dan penginapan berupa villa. Penginapan yang tersedia terbagi dua, ada yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sumedang yang berjumlah tujuh kamar dan ada yang dimiliki oleh Ibu Otong berjumlah 8 kamar, tiga khusus untuk keluarga. Ada juga tempat pemandian yang berjumlah enam buah. Sementara fasilitas pendukungnya adalah klinik, kantin, mushola, tempat bermain anak dan kolam ikan.

Keunggulan Pemandian Cipanas ini daripada tempat pemadian air panas yang lain adalah bahwa air panas yang dimiliki mengandung zat belerang yang dimana bisa menyembuhkan asam urat, stroke ringan, khususnya untuk penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan tulang.selain sumber air panas itu digunakan untuk mandi dan berenang anak-anak, juga dijadikan obat alternatif untuk

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Congeang di Sumedang Jawa Barat ini airnya bisa mengobati berbagai penyakit, terutama stroke dan rematik. Banyak warga dari luar kota, sengaja mandi dan berendam di kolam air panas tersebut. Sampai-sampai, pengunjung dari luar kota sengaja membawa beberapa botol air panas congeang  untuk pengobatan.

37. Daya Tarik Obyek Wisata Pemandian Air Panas Sekarwangi di Conggeang Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Sekarwangi di Conggeang Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Pemandian Air Panas Sekarwangi di Conggeang Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Pemandian Air Panas Sekarwangi di Conggeang Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata air di sumedang jawa barat.Wisata pemandian Air panas ini berlokasi di Conggeang.

Berdasarkan sejarahnya, wisata pemandian air panas Sekarwangi ini berdiri pada tahun 1960-an. Pemilik lokasinya adalah pemerintah Kabupaten Sumedang dan pengelolaannya di bawah wewenang Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang. Sementara pengelolaan di lapangannya dilakukan oleh pihak swasta, semenjak 1 April 2006 dalam hal ini Ibu Otong.

Wisata Cipanas Sekarwangi ini dilengkapi dengan kolam renang air panas dan penginapan berupa villa. Penginapan yang tersedia terbagi dua, ada yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sumedang yang berjumlah tujuh kamar dan ada yang dimiliki oleh Ibu Otong berjumlah 8 kamar, tiga khusus untuk keluarga. Ada juga tempat pemandian yang berjumlah enam buah. Sementara fasilitas pendukungnya adalah klinik, kantin, mushola, tempat bermain anak dan kolam ikan.

Keunggulan Pemandian Cipanas ini daripada tempat pemadian air panas yang lain adalah bahwa air panas yang dimiliki mengandung zat belerang yang dimana bisa menyembuhkan asam urat, stroke ringan, khususnya untuk penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan tulang.Wisata Alam Cipanas Sekarwangi bisa ditempuh dengan semua jenis transportasi, baik pribadi maupun umum dengan rute Sumedang-Conggeang-Buahdua.

38. Daya Tarik Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota sumedang jawa barat.

Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat merupakan Sebuah danau yang tidak begitu luas namun mempunyai air yang jernih serta dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, Obyek Wisata Mata Air Cikandung di Cimalaka Sumedang Jawa Barat  bisa traveler temukan di dusun Sukasari, desa Nyalindung, kecamatan Cimalaka, kabupaten Sumedang.

Suasana di sekitar Mata Air Cikandung memang masih sangat asri. Walaupun bukan tempat wisata tapi danau ini sering dikunjungi traveler dari wilayah sekitar Sumedang. Mereka yang datang umumnya tidak tahan kalau hanya memandangi air danaunya yang jernih. Tentu saja paling asyik menikmati suasana danau ini dengan berenang mencicipi segarnya Mata Air Cikandung.

39. Daya Tarik Obyek Wisata Jembatan Cincin di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Jembatan Cincin di  Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Jembatan Cincin di  Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Jembatan Cincin di  Sumedang Jawa Barat Secara historis, jembatan yang memiliki usia ratusan tahun itu dulunya merupakan jalur kereta api pada masanya.

Kekhasan dari situs ini tampak pada kemegahan gaya arsitektur Eropa tempu dulu. Disebut sebagai Jembatan Cincin karena lengkungan-lengkungan yang ada menyerupai lingkaran cincin. Sekalipun tidak tidak melingkar layaknya cincin beneran.Berdasarkan usianya, situs peninggalan kaum penjajah mulai berdiri sejak tahun 1918. Namun baru pada tahun 1942, bangunan ini resmi bisa digunakan. Itu artinya proses pembangunan Jembatan Cincin ini memakan waktu yang sangat lama.

Di masa itu, perusahaan Belanda memanfaatkan jembatan ini sebagai jalur kereta api yang menghubungkan daerah Rancaekek dan Tanjungsari. Kereta api yang melalui jembatan ini dimaksudkan sebagai pembawa hasil dari perkebunan karet di daerah Jawa Barat (Jatinangor ke Bandung). Seiring berjalannya waktu, kereta api juga difungsikan sebagai alat transportasi untuk masyarakat.

40. Daya Tarik Obyek Wisata Taman Buru Masigit di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Buru Masigit di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Taman Buru Masigit di Sumedang Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Taman Buru Masigit di Sumedang Jawa Barat  memiliki luas sekitar 12.420,70 hektar. Kawasan lokasi wisatanya masuk ke dalam 3 wilayah administratif, yaitu kabupaten bandung, sumedang serta kabupaten garut.

Taman Buru Masigit Kareumbi lokasi geografisnya adalah bergunung-gunung, Ketinggian Gunung Kareumbi puncaknya berada di posisi 1.763 mdpl, menjadikan kawasan wisata hutan di jawa barat ini termasuk hutan tipe iklim C dengan suhu rata-rata kawasan 23 derajat celsius.Yang paling eksklusif liburan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini, sejuknya udara khas pegunungan yang mengelilingi kawasan dengan banyaknya tumbuh pepohonan yang sangat begtu asri, menjadi kekuatan utama dari bumi parahyangan.

Ada banyak tanaman pohon atau flora yang hidup di hutan alam masigit kareumbi ini, diantaranya Pasang, Saninten, Puspa, Rasamala. Sementara tumbuhan yang hidup dibawahnya ada tepus, congok, cangkuang dan yang lainnya.Sementara dari jenis bunga atau liana dan epiphyt yang tumbuh di sini antara lain seuseureuhan, angbulu, anggrek merpati, anggrek bulan, kadaka dan yang lainnya.Jenis fauna yang bisa anda temukan di kawasan wisata hutan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini antara lain, babi hutan, rusa tutul, kijang, anjing hutan, macan tutul, kucing hutan, ayam hutan, kukang, bultok, kera, lutung serta burung walik.

41. Daya Tarik Obyek Wisata Saung Cibingnin di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Saung Cibingnin di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Saung Cibingnin di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Saung Cibingnin di Sumedang Jawa Barat merupakan sebuah rumah makan yang terletak di desa Citengah, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Pemilik Saung Cibingbin ini adalah Bapak Hj.Dede Rusmana. Saung Cibingbin didirikan pada tahun 2000 bulan Desember, dan pendirian Saung Cibingbin ini didirikan di Tanah Milik Pribadi.

Rumah makan yang menyajikan beraneka ragam makanan lezat dan segar ini terpadu dengan keindahan hutan dan kejernihan sungai yang terhampar mengelilingi tepian lokasi rumah makan. Segala kenyamanan dan keramahan khas kabupaten Sumedang yang tersaji di Saung Cibingbin dapat Anda capai dalam waktu kurang lebih 25 menit dari alun-alun Sumedang dengan menggunakan motor atau mobil pribadi. Dan tempat ini memberikan referensi ini karena tempat ini sangat layak dijadikan alternatif liburan bagi Anda bersama Keluarga, ataupun dengan kerabat, dan teman sejawat.

Tujuannya tentunya untuk memberikan nuansa alam yang asri kepada pengunjung, apalagi Saung Cibingbin ini berada di dataran tinggi dengan nuansa alam yang hijau dan berada tepat dipinggiran sungai. Saung Cibingbin mengambil konsep wisata alam, mulai dari wisata alam, wisata air seperti kolam renang,tempat memancing (kolam ikan) , Pemondokkan(villa), caffe,rumah makan, ini yang menarik  pengunjungnya. Kelihatannya sederhana, namun inilah yang banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesini karena hal tersebut serta harganya pun terjangkau.

Fasilitaas yang ada di Saung Cibingbin ini seperti Kolam renang ditengah tengah hutan, itu yang akan kita rasakan ketika masuk ke kolam renang terbuka yang didesain untuk menangkap keindahan hutan yang tersaji oleh alam Sumedang. Biaya masuknya murah saja, berkisar Rp.10.000/Orang. Untuk biaya Pemondokkan (Villa) biaya hanya Rp.10.000/Orang. Selain itu, terdapat aula, mushola, dan fasilitas saung yang cukup luas bagi pengunjung bergerombol.

42. Daya Tarik Obyek Wisata Benteng Gunung Palasari di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Benteng Gunung Palasari di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Benteng Gunung Palasari di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Benteng Gunung Palasari di Sumedang Jawa Barat berada  Di puncak Gunung, dan terdapat delapan bangunan benteng pertahanan penjajah Belanda. Walau ada delapan buah bangunan, sebenarnya ada sembilan bangunan karena bangunan nomor delapan merupakan gabungan dua bangunan.

Bangunannya sendiri berupa tembok beton yang cukup tebal. Ketebalannya sendiri sekitar 60 cm. Bangunan benteng ini dibangun sekitar tahun 1913 sampai 1917. Lokasi bangunan benteng ini mengelilingi puncak Gunung Palasari.Di dalam setiap bangunan benteng terdapat ruangan yang berukuran sekitar 2 x 3 meter. Umumnya setiap bangunan terdiri atas dua ruangan. Khusus untuk bangunan pertama, memiliki enam buah ruangan dan bangunan nomor tujuh dilengkapi dengan tujuh ruangan.

Sehingga jumlah ruangan yang ada di bangunan benteng ini berjumlah 27 buah ruangan. Setiap ruangan dilengkapi dengan pintu di depannya. Sebagian dilengkapi juga dengan jendela kecil di samping kiri dan kanan pintu. Menurut informasi, awalnya setiap pintu dilengkapi dengan daun pintu yang terbuat dari alumunium. Hanya saja untuk saat ini daun pintunya sudah hilang.
Semua bangunan benteng sepertinya sengaja dibangun di bawah permukaan tanah. Bangunan benteng posisinya berada di tebing tanah setinggi kurang-lebih dua meter.

Tebing ini merupakan hasil penggalian tanah yang dipakai sebagai akses ke dalam benteng pertahanan. Sehingga semua bangunan bentengnya tertimbun tanah, kecuali bagian depan bangunan benteng.Ada kemungkinan, bangunan benteng ini digunakan sebagai gudang mesiu oleh tentara Belanda yang pada waktu itu memiliki tangsi yang letaknya di Markas Kodim 0610 saat ini. Selain itu, dengan posisinya lumayan tinggi, di puncak bukit benteng ini bisa juga digunakan sebagai pos observasi.

43. Daya Tarik Obyek Wisata Kuliner Tahu Sumedang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Tahu Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota  sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kuliner Tahu Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini.Tahu Sumedang ini merupakan salah satu jajanan khas daerah Sumedang, Jawa Barat yang sangat terkenal. Dari sekian banyak Tahu Sumedang yang disajikan di sepanjang jalanan di Sumedang, Tahu Bungkeng adalah tahu yang harus Anda coba. Anda dapat berkunjung ke pabriknya di Jl 11 April, Sumedang, atau dekat dengan Taman Telur.

Tahu Sumedang berbeda dari tahu-tahu pada umumnya. Bentuknya kotak dan kecil, serta renyah saat digigit. Sekali dicoba, pasti ketagihan. Karena memiliki cita rasa yang lezat, Tahu Sumedang sangat di minati oleh masyarakat dan menjadi salah satu icon kuliner kota Sumedang. Walau sudah banyak perajin Tahu Sumedang yang membuat dan menjual Tahu Sumedang diluar daerah Sumedang, banyak yang percaya bahwa Tahu Sumedang yang dibuat diluar daerah Sumedang rasanya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan Tahu Sumedang yang dibuat di Sumedang, dengan kata lain Tahu Sumedang kualitas baik dengan rasa khasnya hanya bisa didapat jika tahu tersebut dibuat di kabupaten Sumedang.

Tahu Sumedang ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan tahu lainnya. Bagian luarnya yang renyah dan bagian dalamnya yang lembut dan gurih tentu memberikan sensasi dan cita rasa yang berbeda saat menyantapnya. Tahu Sumedang ini paling enak saat dinikmati selagi hangat. Karena apabila di simpan terlalu lama akan terlihat layu dan memiliki rasa yang berbeda. Untuk menjaga kualitas dan rasa Anda bisa menyimpannya di kulkas.

44. Daya Tarik Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata kuliner yang ada di kota sumedang jawa barat.

Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini merupakan ciri khas kuliner dari kota sumedang, Makanan khas Sumedang yang terdiri dari lontong, tahu, taoge rebus dan bawang goreng dengan siraman kuah kari kental gurih ditambah sedikit kecap manis. Disantap dengan kerupuk atau emping dan sambal sebagai pelengkap.

Obyek Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang di Sumedang Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi karena kelezatan makanannya dan juga memang sudah menjadi ciri khas kota sumedang jdi bila ke sumedang harus mencicipi kuliner soto khas kota sumedang jawa barat ini.

45. Daya Tarik Obyek Wisata Waduk Jatigede di Sumedang Jawa Barat


Obyek Wisata Waduk Jatigede di Sumedang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumedang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sumedang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Waduk Jatigede di Sumedang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Waduk Jatigede di Sumedang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang ada di kota sumedang jawa barat. Kabupaten Sumedang memiliki destinasi wisata baru. Potensi wisata Waduk Jatigede sangat strategis bahkan menjadi unggulan di kota tahu itu.

Betapa tidak, Waduk Jatigede dengan luas genangan 4.983 hektare, menjadi waduk terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara setelah Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. Salah satu pemanfaatannya untuk tujuan pariwisata.fungsi utamanya adalah sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air.

Waduk Jatigede dibangun dengan cara membendung aliran Sungai Cimanuk. Pembendungan ini mengakibatkan aliran air terhalang, sehingga air terakumulasi dalam sebuah kolam yang besar. Air yang terkumpul dalam bendungan tersebut digunakan sebagai cadangan air tawar untuk mengairi areal pertanian di wilayah Majalengka, Indramayu, dan Cirebon. Selain berfungsi sebagai sarana irigasi, Waduk Jatigede pun berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top