32 Obyek Wisata Yang Ada di Purwakarta Jawa Barat Yang Lagi Trend

32 Obyek Wisata Yang Ada di Purwakarta Jawa Barat Yang Lagi Trend

32 Daftar Tempat Wisata di  Purwakarta Jawa Barat  Harus Kamu Kunjungi -  Purwakarta Jawa Barat adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa barat Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota  Purwakarta Jawa Barat  lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Purwakarta Jawa Barat dulu.Sejarah kota atau kabupaten  Purwakarta Jawa Barat.

Di  Purwakarta Jawa Barat  Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota  Purwakarta Jawa Barat  kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota  Purwakarta Jawa Barat  kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota  Purwakarta Jawa Barat  tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di  Purwakarta Jawa Barat   mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata  Purwakarta Jawa Barat  yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota  Purwakarta Jawa Barat  bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota  Purwakarta Jawa Barat  yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di  Purwakarta Jawa Barat  . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Purwakarta Jawa Barat  merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di  Purwakarta Jawa Barat pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini :.wisata di  Purwakarta Jawa Barat . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota   Purwakarta Jawa Barat.

Selain pantai di kota  Purwakarta Jawa Barat   terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota  Purwakarta Jawa Barat  diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota  Purwakarta Jawa Barat  yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.


1. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kuliner Mie 3 Warna Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Mie 3 Warna Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Kuliner Mie 3 Warna Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Kuliner Mie 3 Warna Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata kuliner yang sangat terkenal di kota purwakarta dan sekitarnya.

mie sehat tiga warna pelangi ini lokasinya tidak berada di pinggir jalan raya ya jadi masuk kedalam lokasi situ 100 meter, persis letaknya di seberang situ cikumpay, jalan masuk kedalam nya pun terletak di seberang SDN 1 cikumpay tempat si kirana sekolah SD dulu.mie sehat tiga warna ini memakai istilah pelangi dengan  tiga warnanya yaitu merah,kuning,hijau.

sebenarnya sih tiga warna ini berasal dari pewarna alami yang berasal dari buah-buahan atau sayuran seperti wortel, akar bit dan buah naga yang merah ya, dan tidak menggunakan pewarna kimia apalagi tekstil, karena pewarna nya alami jadi terlihat biasa saja, beda halnya dengan pewarna kimia yang mempunyai warna yang kuat.

untuk kelezatan dan teksturnya lembut , sedikit padat dan kenyal tentunya, tanpa saos pun bumbunya masih terasa karena bumbunya berasa banget di lidah, dan harga untuk satu porsinya disini di bandrol dengan harga Rp 10.000

2. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kuliner Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kuliner Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kuliner Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat terletak di Jalan Basuki Rahmat 157, Purwakarta. Dari arah Bandung atau Jakarta, Anda dapat menuju Purwakarta melalui pinto tol Jatiluhur (KM 84).

Setelah itu Anda akan menemukan perempatan dan belok kiri lurus terus selama ± 5 menit nyampe deh, posisinya di sebelah kanan jalan setelah jembatan Sasak Besi. Kalau dari arah kota Purwakarta, setelah melewati perempatan Parcom lurus terus sekitar 5 menit akan ketemu di sebelah kiri sebelum jembatan Sasak Besi.

Warung sederhana milik Hajjah Mimin ini tidak pernah sepi pengunjung. Sajolna memiliki area santapan di depan (dengan meja dan kursi) dan di bagian belakang dengan bentuk lesehan -kita bisa makan di bagian ini sambil melihat gemericik aliran air sungai yang ada di bawahnya.Menu utamanya ayam kampung goreng. Bisa dipesan utuh atau potongan juga dengan jeroannya.

Per potong harganya Rp. 15.000, pastinya Anda akan puas dengan kelezatan ayam goreng racikan Hj. Mimin ini. Untuk melengkapi santapan ayam goreng, Anda dapat memesan karedok dan peda goreng plus nasi hangat dengan harga Rp. 5.000 per porsinya. Ayam goreng disajikan dengan sambal dadak (Rp. 5.000) berwarna hijau menggunakan cobek tanah liat dan lalapan berupa selada, mentimun, leunca, dan terong hijau.

3. Pesona Keindahan Obyek Wisata Goa Jepang di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Goa Jepang di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Goa Jepang di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Goa Jepang di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata peninggalan sejarah yang patut untuk diketahui. Belum banyak orang yang mengetahui jika Purwakarta memiliki jejak historisitas bangsa Indonesia akibat kekejaman masa penjajahan Jepang. Salah satu buktinya terdapat gua dengan kedalaman 300 meter, tinggi 1,5 meter, dan lebar 2 meter yang terletak di Gunung Gokaramai.

Meskipun kini kondisinya terlihat kurang terawat, namun goa yang dinamai masyarakat setempat “Gua Jepang”, itu merupakan saksi bisu atas kekejaman penjajah Jepang terhadap warga Purwakarta yang mempekerjakan mereka secara paksa dan tidak manusiawi.Gua Jepang terletak di Desa Pusakamulya Kiarapedes, memiliki ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, temperatur/suhu udara berkisar antara 17oC sampai dengan 20oC. Dikelilingi perkebunan tee, pohon pinus, cengkeh, manggis dan termasuk dalam kawasan puncak Gunung Burangrang. Jaringan jalan yang melintasi Desa Pusakamulya, meliputi jalan Kabupaten, jalan desa, kerikil dan jalan tanah, terutama sepanjang 2 Km menuju lokasi Gua Jepang masih jalan setapak.

Gua Jepang merupakan gua buatan yang dibangun pada sekitar tahun 1942 oleh rakyat pribumi secara paksa yang terkenal dengan sebutan Romusha untuk digunakan sebagai tempat persembunyian. Cara pembuatannya menggunakan sistem aplusan (seep) yang lamanya sekitar 2 sampai dengan 7 hari secara bergantian, panjang gua sekitar 200 meter, tinggi 2 sampai dengan 3 meter, lebar 4 sampai dengan 5 meter. Memiliki 3 pinti masuk/keluar, 12 kamar berbentuk huruf T dengan ukuran kamar-kamar antara 3 sampai dengan 6 meter menyerupai huruf U (memutar).

4. Pesona Keindahan Obyek Wisata Goa Belanda di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Goa Belanda di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Goa Belanda di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Goa Belanda di Purwakarta Jawa Barat ini merupakan obyek wisata goa yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Obyek Wisata Goa Belanda di Purwakarta Jawa Barat  merupakan  Goa Belanda yang letaknya sekitar 800 meter dari goa Jepang, disana kita hanya melihat satu mulut goa besar namun dikanan-kirinya terdapat satu mulut goa yang lebih kecil dan berada lebih tinggi.

Konon goa yang dibangun pada tahun 1941 ini awalnya berfungsi sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok, namun berubah fungsi menjadi pusat stasiun radio telekomunikasi militer Hindia Belanda saat terjadi perang kemerdekaan.Goa Belanda ini sekarang dikembangkan menjadi objek wisata alam berupa camping ground, horse riding, lintas alam dan agro wisata.

5. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah babakan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat  berada di kaki Gunung Burangrang dan termasuk dalam Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang sehingga pengelolaan saat ini masih dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I dengan operasional dilapangan dibantu oleh Desa Sumurugul dan Desa Wanayasa.

Kondisi curug secara umum dibagi kedalam tiga bagian yaitu curug utama yang terdapat di ujung tebing dengan tinggi ± 25 m, serta dua curug lainnya yang lebih landai yang biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat seluncur. Pada curug utama aliran air jatuh seperti tangga melewati batu-batu yang tersusun menurun ke bawah.

aliran airnya tidak terlalu keras sehinga dapat dinikmati secara dekat untuk mandi atau membasuh muka.Berjarak kurang lebih 30 km (sekitar 1 jam perjalanan) dari kota Purwakarta atau ± 3 km arah Selatan kota Wanayasa dengan kondisi jalan relatif baik akan tetapi agak sempit, kondisi ruas ini memang berkarakter dataran tinggi sehingga banyak turunan dan tanjakan serta tikungan.

Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan pada hari minggu ataupun hari libur lainnya. banyak wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan Obyek Wisata Curug Cipurut di Babakan Purwakarta Jawa Barat ini.

6. Pesona Keindahan Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan di Wanayasa Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan di Wanayasa Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wanayasa juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan di Wanayasa Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Giri Tirta Kahuripan di Wanayasa Purwakarta Jawa Barat adalah sebuah area wisata yang berada di desa taringgul tonggoh kecamatan Wanayassa ini merupakan lingkungan wisata alam yang jauh hiruk pikuk kota. Giri tirta kahuripan adalah sebuah wisata agro terbaru yang memiliki keindahan perbukitan dengan desain resort yang sangat indah.

Objek yang bagaikan mutiara dari wanayasa ini dalam waktu singkat menjadi popular dan terkenal hingga keluar negeri. Selain berbagai wahana permainan di alam yang tersedia, yang paling disukai oleh pengunjung adalah skypool yang terkesan berbatasan dengan langit dalam bidian foto.Penataan yang seolah berada di ujung daratan dengan view prbukitan sejuk merupakan panorama yang indah.

Dilihat dari kejauhan Nampak suasana di tempat ini kental akan artistektur jawa namun dipadu dengan sentuhan modern. Nampak juga patung patung bejejer  sepintas.Hal yang menarik pengunjung adalah  skypool yang menjadi ikon di resot giri tirta kahuripan yaitu sebuah kolam renang yang di desain khusus di atas dataran tinggi, sehingga pengunjung akan menikmati sensasi berenang di atas awan sambil menikmati keindahan pemandangan alam, karna itulah kolam renang ini dinamakan skypool. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 50.000.

7. Pesona Keindahan Obyek Wisata Situ Wanayasa di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Situ Wanayasa di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Situ Wanayasa di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Situ Wanayasa di Purwakarta Jawa Barat merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Nama tempat ini mungkin masih kalah tenar dibandingkan Waduk Jatiluhur atau Taman Sri Baduga yang belakangan semakin banyak dibicarakan.

Namun, suasana yang ada di waduk kecil ini tak kalah asik dibandingkan tempat-tempat lain. Ditambah lagi, latar belakang pegungungan yang membuat pemandangan di sekitar waduk membuat semakin cantik dan fotogenikSitu atau Waduk Wanayasa memang tidak terlalu luas, hanya sekitar 7 ha saja. Namun, banyak hal yang membuat tempat ini terlihat istimewa. Salah satunya adalah keberadaan sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau. Pulau tersebut bukanlah pulau sembarangan karna di sana terdapat makam salah satu pendiri Kabupaten Purwakarta yakni RA. Suriawinata

Pemandangan di sekitar Situ Wanayasa akan terlihat semakin menarik dengan latar belakang Gunung Burangrang. Lokasi Situs Wanayasa sendiri berada pada ketinggian sekitar 600 mdpl.  Yang unik dari danau ini adalah adanya pulau di tengah danau. Di pulau tersebut terdapat makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9. Meninggal pada tahun 1827.

Pada zaman purba daerah Wanayasa adalah sebuah daerah di kaki Gunung Burangrang namun sebelumnya dalam hitungan jutaan tahun yang lalu berada di kaki Gunung Sunda.Daerah Wanayasa saat ini berada dibawah kaki gunung tangkuban perahu dan terkenal sebagai daerah yang subur karena merupakan daerah abu volkanik ketika Gunung Sunda meletus.

8. Pesona Keindahan Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sukasari juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.

Obyek Wisata Waduk Jatiluhur di Sukasari Purwakarta Jawa Barat Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (±9 km dari pusat Kota Purwakarta).Bendungan Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia.

Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis Compagnie française d'entreprise, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

9. Pesona Keindahan Obyek Wisata Jatiluhur Watersport di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Jatiluhur Watersport di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Jatiluhur Watersport di Purwakarta Jawa Barat ini. waduk Jatiluhur dikunjungi oleh banyak orang adalah karena tempat ini menjadi suatu destinasi yang menarik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun sahabat.

Kehadirannya menjadi satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dari dalam maupun luar negeri tidak tanpa alasan. Waduk raksasa nan elok ini tentunya mempunya daya tarik sebagai tempat rekreasi. Selain menyajikan pemandangan indah, objek wisata ini juga menyajikan tempat-tempat menyenangkan lainnya seperti lapangan tenis, kolam renang dengan aneka jenis seluncuran, serta taman bermain anak-anak.

Di tempat yang mengasyikkan ini juga terdapat bumi perkemahan. Oleh sebab itu, tempat ini cocok untuk dijadikan pilihan untuk kegiatan-kegiatan berkemah seperti kegiatan Jambore, kepramukaan, maupun kegiatan lainnya.Sebagai waduk raksasa, waduk Jatiluhur juga menawarkan berbagai sarana rekreasi dan olahraga air yang menarik. Para pelancong dapat menikmati keindahan danau buatan ini menggunakan sampan. Pelancong dapat mendayung santai sambil menikmati keindahan yang disajikan destinasi indah ini.

Ada pula alternatif lain untuk menikmati keindahan alam yang ada bagi para wisatawan yang tidak ingin mendayung.Objek wisata ini menawarkan kapal pesiar bagi Anda yang tidak ingin lelah mendayung untuk menikmati keindahan yang disajikan, kapal ini juga disewakan bagi mereka yang sedang merayakan honeymoon, sungguh romantis tentunya.

Bagi para pelancong yang menyukai olahraga air yang memiliki sensasi lain, bendungan ini juga menawarkan beberapa jenis water sport seperti selancar angin dan ski air.Hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di perairan danau buatan ini adalah adanya budidaya ikan keramba jaring apung. Dengan adanya budidaya ikan tersebut, para wisatawan dapat memancing ataupun menikmati ikan bakar yang sedap sebagai menu santap siang.

10. Pesona Keindahan Obyek Wisata Waduk Cirata di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Waduk Cirata di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Waduk Cirata di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Waduk Cirata di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya. PLTA Cirata terletak di daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Desa Tegal Waru, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sedangkaln luas Waduk Cirata, dari ujung selatan kecamatan Cipeundeuy kabupaten Bandung barat, dan terbendung di desa Ciroyom, kecamatan Cipeundeuy kabupaten Bandung barat, yang berbatasan langsung dengan maniis kabupaten Purwakarta. Latar belakang pendirian PLTA ini, dengan letak sungai Citarum yang subur, bergunung-gunung dan dianugerahi curah hujan yang tinggi. Pembangunan proyek PLTA Cirata merupakan salah satu cara pemanfaatan potensi tenaga air di Sungai Citarum yang letaknya di wilayah kabupaten Bandung, kurang lebih 60 km sebelah barat laut kota Bandung atau 100 km dari Jakarta melalui jalan PurwakartaSituasi alam tampak cantik serta romantis saat semburat sinar kemerahan mulai memberi warna awan yang menggantung diatas air serta perbukitan yang melingkari Waduk Cirata Purwakarta.

Makin senja sapuan warna merah pada awan diatas waduk makin kentara tampak mata. Nelayan yang menjala ikan juga turut membuat cantik panorama.Pemandangan senja saat yang sangatlah indah di tepian Waduk Cirata Purwakarta itu dapat di nikmati dari warung-warung yang ada di tepian waduk, di tempat yang dimaksud Buangan. Terkecuali duduk enjoy di amben bambu warung sembari makan minum hangat, di Buangan beberapa pengunjung dapat juga menyewa perahu nelayan untuk nikmati situasi dari tengah waduk.

11. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata berupa taman yang untuk memasukinya Tidak dipungut biaya, tidak ada tiket, alias free untuk menyaksikan air mancur menari yang biasa disebut dengan waterfountain itu.

Taman Air Sri Baduga awalnya adalah danau kecil yang disebut dengan Situ Buleud. Situ itu danau, buleud itu artinya bulat. Karena berada di tengah-tengah kota. Kini air mancur Taman Sri Baduga ini sudah menjadi air mancur terbesar se Asia Tenggara, dengan luas ± 3 hektar. Air mancur ini merupakan pengembangan dari destinasi wisata Situ Buleud yang dibangun sejak tahun 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada bulan Januari Tahun 2014.

Dulu, danau ini konon sering dijadikan tempat berendam badak. Maka jangan heran kalau kami bangun patung badak, di pertigaan depan Taman Sri Baduga itu. Rangkaian air mancur itu akan memancarkan cahaya warna-warni, dengan laser yang seirama dengan gerak air mancur. Tiap malam minggu antara pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB, tiga kali show, sekitar ±25 menit setiap satu kali pertunjukan.

12. Pesona Keindahan Obyek Wisata Alun Alun Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Alun Alun Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahObyek Wisata Alun Alun Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Alun Alun Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat berada di tengah kota Purwakarta, bersebrangan dengan Masjid Agung Purwakarta yang berdiri kokoh dan tegak di sana. Alun-alun Purwakarta menjadi tempat berkumpulnya warga Purwakarta jika memperingati hari penting atau hari besar lainnya.

Di alun-alun Purwakarta juga terdapat Kantor Bupati Purwakarta. Alun-alun Purwakarta dahulunya dikenal dengan nama alun-alun Kian Santang. Namun tidak begitu banyak yang mengetahui hal tersebut. Alun-alun Purwakrta juga berada di lahan yang luas dan menjadi tempat yang enak menjadi titik kumpul.

Di alun-alun Purwakarta terdapat banyak taman ataupun bale yang dapat dimanfaatkan oleh warga Purwakarta. Taman-taman yang ada juga sangat terawat dan hijau sehingga menambah kesan kesejukan di area ini.Bagi pengunjung yang ingin masuk ke area ini tidak dikenakan tiket masuk alias Gratis. Hal ini karena Bupati Dedi membuat alun-alun Purwakarta menajdi fasilitas Publik yang dapat dinikmati oleh semua warga Purwakarta maupun Indonesia.

Alun-alun Purwakarta yang sejuk dengan banyak pepohonan dan tanaman yang rindang menjadi obat penyejuk bagi suasana Kota Purwakarta yang panas. Apalagi keberadaan air mancur mini yang ada di taman-taman juga menambah keindahan yang ada.Ada beberapa taman yang ada di alun-alun Purwakarta diantaranya yaitu Taman Maya Datar dan Taman Pelangi. Selain itu ada juga jembatan yang melewati kolam ikan di bawahnya. Hiasan caping juga menambah keunikan yang ada di alun-alun Purwakarta ini.

13. Pesona Keindahan Obyek Wisata Masjid Agung di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Masjid Agung di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Masjid Agung di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Masjid Agung di Purwakarta Jawa Barat didirikan hampir bersamaan dengan pendopo. Di Jawa Barat khususnya dan di Pulau Jawa umumnya, setiap kota tradisional yang didirikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten, memiliki komponen utama berupa pendopo, alun-alun, dan masjid agung.

Ketiga komponen itu dibangun hampir bersamaan. Hal itu berarti, pada awal berdirinya Masjid Agung Purwakarta dibangun oleh penduduk Sindangkasih, dipimpin oleh hoofdpanghulu (penghulu kepala) dan di bawah pengawasan Bupati R.A.A. Suriawinata alias “Dalem Sholawat” (1830 – 1849). Pada waktu itu yang menjadi hoofdpanghulu Kabupaten Karawang adalah Raden Haji Yusuf (Baing Yusuf). Ia menjadi Hoofdpanghulu Karawang sejak tahun 1828 (Almanak van Nederlandsch Indie, 1828 : 59).

Dalam kedudukan itu, Baing Yusuf juga berperan sebagai pengelola Masjid Agung Purwakarta. Pada tahap awal, kondisi bangunan masjid masih sangat sederhana, sama dengan kondisi bangunan pendopo, yaitu belum berupa bangunan permanen. Atap masjid berbentuk atap tumpang, ciri khas masjid tradisional. Waktu itu, atap umumnya terbuat dari ijuk, dan badan bangunan dibuat dari kayu dan bambu.

Masjid dibangun tidak jauh dari Situ Buleud agar kebutuhan air tidak mengalami kesulitan. Pembangunan masjid tentu dimaksudkan untuk tempat beribadat orang Islam penduduk kota Purwakarta dan Distrik Sindangkasih. Sangat disayangkan, sumber atau data yang menunjukkan jumlah penduduk daerah itu pada tahun 1830-an belum ditemukan.

14. Pesona Keindahan Obyek Wisata Desa Sajuta Batu di Tegalwaru Purwakarta Jawa Barat



Obyek Wisata Desa Sajuta Batu di Tegalwaru Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Desa Sajuta Batu di Tegalwaru Purwakarta Jawa Barat ini.terletak di desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Obyek wisata ini dapat dijadikan pilihan liburan bersama keluarga untuk menikmati suasana pedesaan yang alami dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Desa Wisata Sajuta Batu merupakan salah satu dari banyak pilihan objek wisata yang berada di daerah Purwakarta. Desa wisata ini menawarkan banyak pilihan kegiatan wisata.Desa Pasanggrahan terletak di sebelah utara kecamatan Tegalwaru yang jaraknya hanya 9 Km dari pusat kecamatan Tegalwaru, jarak dari pusat kota Purwakarta 26 Km, jarak dari Bandung 79 Km, dan jarak dari Jakarta 120 Km.

Di desa ini, tidak hanya menyajikan pemandangan pegunungan, tetapi juga lahan perkebunanan dan pertanian dan ada juga tempat tinggal. Begitu banyak batuan alam yang terdapat di desa ini dari yang berukuran kecil sampai yang besar masih utuh berbentuk gunung dengan tinggi 900 Meter.Gunung batu tersebut bahkan dikatakan sebagai gunung batu andesit terbesar di Indonesia yaitu gunung Parang dan merupakan spot yang sangat dicari-cari untuk para rock climbing dan juga Via ferrata. Sehingga, dari situlah awal mula desa ini dijuluki sebagai Desa Wisata Sajuta Batu.

Di desa ini, memiliki banyak potensi didalamnya. Seperti pemandangan yang indah sehingga pengunjung dapat menikmatinya dengan menjelajahi desa dan menikmati fasilitas adventure yang diantaranya adalah rock climbig dan via ferrata di Gunung Parang, Gunung Bongkok yang memiliki tumpukan batu disalah satu puncaknya, Gunung Salasih dan memancing.

Suasana pedesaan yang asri dan penduduk kampung yang ramah tamah dan lugu membuat anda merasa betah berada di desa ini dan ingin kembali lagi untuk menikmati suasana di pedesaan ini. Bagi anda yang suka foto-foto juga tidak akan kecewa dengan hasil jepretan dengan latar belakang alam di desa ini.

15. Pesona Keindahan Obyek Wisata Sentra Keramik Plered di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Sentra Keramik Plered di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Sentra Keramik Plered di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Sentra Keramik Plered di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata budaya yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Di sini banyak dijumpai keramik yang unik dan pantas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bentuknya beraneka ragam dan relatif murah.Sentra industri keramik Plered berada di wilayah selatan Kabupaten Purwakarta. Plered merupakan satu kecamatan yang memiliki luas wilayah 36,79 km persegi dengan jumlah penduduk 54,337 jiwa. Sentra industri kecil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, dan Desa Pamoyanan. Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil keramik. Dari tempat ini, berbagai bentuk dan ukuran keramik dibuat. Ada yang kecil, sedang hingga besar dengan berbagai aneka desain.

Pembuatan keramik Plered memang sudah berlangsung turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904. Awalnya, masyarakat sekitar membuat keramik dari tanah liat merah dan termasuk gerabah ini untuk memenuhi perkakas rumah tangga. Tapi, pada perkembangannya kerajinan tersebut mampu menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Di sepanjang jalan tampak berjejer pajangan keramik yang menarik perhatian. Berbagai bentuk gerabah, mulai dari perabotan rumah tangga hingga mainan anak-anak bisa menjadi suvenir yang menarik. Bila berkunjung langsung, selain bisa menyaksikan langsung pembuatan keramik, Anda juga bisa mendapatkan harga lebih murah. Ada yang dijual mulai dari Rp 5.000,- sampai ratusan ribu rupiah.keramik yang dihasilkan Plered, biasanya dijual ke beberapa kota lain, termasuk Jakarta. Sebagian bahkan menembus pasar ekspor ke sejumlah negara di daratan China, maupun Eropa, seperti Belanda dan Rusia.

16. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kuliner Sate Maranggi di Cibungur Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Sate Maranggi di Cibungur  Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cibungur  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Kuliner Sate Maranggi di Cibungur  Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Kuliner Sate Maranggi di Cibungur  Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata kuliner yang ada di kota purwakarta dan sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Tempat makannya seolah-olah berdiri tegak dihamparan tanah yang sangat luas yang ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Tempat makan ini menggunakan konstruksi baja dan ditutup menggunakan seng.Suasana di dalam tempat makan ini terasa sejuk walaupun cuacanya panas, mungkin hal ini dikarenakan tempat makan ini sangat tinggi langit-langitnya ditambah adanya angin sejuk yang bertiup dari pepohonan rindang yang mengelilingi tempat ini dan ditambah lagi adanya kipas angin di dalam tempat makan ini yang semakin membantu sirkulasi udara di dalam tempat makan ini menjadi lancar.

Menu utama tempat makan ini adalah Sate Maranggi,Sate Maranggi ada 3 daging yaitu sapi, kambing, dan ayamSate ini beda dari sate-sate pada umumnya. Disajikan bukan dengan bumbu kacang tetapi dengan sambal tomat segar terbuat dari potongan tomat dan cabe rawit merah utuh yang diulek. Pedasnya benar-benar terasa di lidah. Daging satenya juga empuk banget, mungkin karena dagingnya direndam dengan bumbu sebelum dibakar.

17. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sukatani juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat memiliki aliran air terjunnya yang memesona, sajian tebingnya menghidangkan sajian alam nan eksotis. Tebing panjannya sendiri memiliki ketinggian sekitaran 7 meteran. Aliran air di curug ini juga termasuk bersahabat. Beberapa pengunjung dapat rasakan sensasi berbasah-basahan dibawah aliran air.

Tetapi, untuk beberapa pengunjung, terlebih golongan muda, Curug Suhada umum jadi spot selfie favorite. Panorama alam di sekitaran curug ini benar-benar sangat pas buat diabadikan dengan kamera.Curug Suhada memanglah belum dikelola dengan maksimal. Pengunjung dapat gratis masuk ke obyek wisata air terjun di Purwakarta ini.

Serta untuk ke tempat ini mesti melalui sedikit perjuangan lantaran aksesnya yang belum diatur pihak berkaitan. Tetapi, untuk beberapa petualang alam, sensasi jarambah ke tempat ini akan jadi petualangan seru. Perjuangan untuk ke tempat curug bakal terbayar lunas waktu Anda hingga ke tempat air terjun yang masihlah begitu alami ini.

18. Pesona Keindahan Obyek Wisata  Kolam Mata Air dan ‘Stone Garden di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata  Kolam Mata Air dan ‘Stone Garden di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata  Kolam Mata Air dan ‘Stone Garden di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata  Kolam Mata Air dan ‘Stone Garden di Purwakarta Jawa Barat berada di Kampung Cijanun Lembangsari, desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Kecamatan Bojong ini adalah kecamatan yang terletak di Pinggiran Kebupaten Purwakarta yang berbatasan dengan Kecamatan Wanayasa, dan Darangdan, mendengar kata wanayasa mestinya anda tahu pasti kalau daerah Bojong ini pastinya salah satu daerah beriklim dingin karena berada di atas gunung. Kawasan Wisata Stone Garden, adalah sebuah kolam berukuran kurang lebih 20 x 10 meter dengan sumber air berasal dari mata air cijanun.

Dinamai mata air cijanun karena mata air ini memang terletak di kampung Cijanun. Dulunya, Kolam tiga tingkat ini awalnya merupakan salah satu kolam penampungan PDAM Purwakarta, sebagai salah satu fasilitas pengairan baik untuk warga sekitar, maupun untuk dialirkan ke daerah kota.dan kemudian penampungan air ini mulai dijadikan salah satu destinasi wisata favorit oleh baik warga sekitar, maupun warga dari luar daerah.

19. Pesona Keindahan Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata budaya yang banyak di minati oleh wisatawan untuk melihat serta membeli hasil karya yang ada di  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat ini, di  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat ini terdapat berbagai macam kerajinan dan juga berbagai macam hasil kesenian yang ada di  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat ini.

Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datang untukmelihat sendiri hasil kesenian yang ada di purwakarta di  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Galeri Dangiang Kisunda di Purwakarta Jawa Barat cukup di minati oleh wisatawan yang menyukai kesenian maupun budaya.

20. Pesona Keindahan Obyek Wisata Gunung Lembu di Sukatani Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Gunung Lembu di Sukatani Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sukatani juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gunung Lembu di Sukatani Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gunung Lembu di Sukatani Purwakarta Jawa Barat  berada di Kampung Panunggal Desa Panyindang Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Persis berada di atas Waduk Jatiluhur Purwakarta.

Tak heran jika banyak pendaki yang penasaran melihat keindahan Waduk Jatilihur dari Puncak Gunung Lembu.Panorama alam yang sangat indah, menjadikan Gunung Lembu ini sangat istimewa dan wajib untuk dikunjungi. Kalian yang berhasil mencapai puncak terakhir akan dapat melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Tidak hanya itu, karena jika malam hari tiba, kalian juga bisa melihat lampu – lampu karamba yang menyala di atas waduk seperti layaknya citylight.

Ketika pagi hari tiba kalian juga bisa melihat sunrise dengan latar belakang pemandangan Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang.Puncak ke 3 alias puncak tertinggi di Gunung Lembu namun lokasi terbaik untuk menatap waduk Jatiluhur, di lokasi ini terdapat tebing yang menjorok keluar seperti layaknya punuk Sapi, hal itulah yang membuatnya disebut sebagai Batu Lembu (batu sapi).

Meskipun berada di tebing yang satu ini cukup menyeramkan, namun bagi para pengunjung yang sudah datang rasanya sia-sia jika tidak mencoba duduk dan menikmatinya. Adrenalinpun dapat sedikit terpacu ketika berada di bibir tebing, namun panorama Waduk Jatiluhur yang mempesona membuatnya seakan terbayar dengan pantas.

21. Pesona Keindahan Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat

Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat merupakan salah satu wisata gunung yang dekat dengan Jakarta setelah Bogor, gunung bongkok ini sangat cocok untuk pendaki pemula dengan ketinggian 975Mdpl,

meskipun dengan ketinggian yang segitu jalur menuju puncak bongkok lumayan extreme untuk dilalui karna hampir 90 derajat vertikal apalagi kalau musim hujan ada dua tempat yang bisa dinikmati setelah dipuncak nanti yaitu puncak batu tumpuk dan puncak batu datar, di pucak batu tumpuk terdapat sebuah tapak kaki besar.

Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat ini sangat di gemari oleh wisatawan yang suka petualangan ataupun para pecinta alam karena untuk mencapai Obyek Wisata Gn. Bongkok di Purwakarta Jawa Barat ini membutuhkan perjuangan yang cukup keras dan di butuhkan fisik yang kuat.

22. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Pancawarna di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Pancawarna di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Taman Pancawarna di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Taman Pancawarna di Purwakarta Jawa Barat berlokasi tepat di sebelah Kantor Bupati Purwakarta. Meski begitu, tidak ada kesan kaku sebagaimana lazimnya suasana kisaran kantor pemerintahan.

Jauh dari itu, suasana Taman Pancawarna terasa menyenangkan dan menenteramkan secara bersamaan. Nama Pancawarna yang berarti ‘lima warna’ secara simbolis cukup menggambarkan suasana taman. Warna-warni bunga langsung menyambut saat kita memasuki areal Taman Pancawarna. Kolam dengan air mancur mengelilingi bangunan Pendopo.

Di sebelahnya terdapat sebuah jembatan kecil melengkung nan elok yang membawa kita pada pelataran kantor Bupati yang gagah dihiasi kereta kencana.semerbak harum dari bunga-bunga yang menghiasi balutan taman juga tercium dan menyegarkan selain itu penataan yang rapih dan bersih juga akan memanjakan karena setiap pengunjung, karena sejauh mata mendang hamparan bunga-bunga akan terlihat dengan beragam warna dan keindahannya.

23. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Cigentis di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Cigentis di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Cigentis di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Cigentis di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata alam yang terkenal di kota purwakarta jawa barat.Curug Cigentis berada yang berada di kawasan Gunung Sanggabuana, Kabupaten Karawang. Curug atau Air terjun Cigentis bisa menjadi pilihan Anda yang menyuikai wisata alam khususnya air terjun.

Wisata alam yang masih alami di Karawang ini biasanya dijadikan objek wisata bagi trailer atau goweser serta fotografer. Keindahan air terjun dan hutan yang ada di sekelilingnya itulah menyajikan pesona alam nan sejuk dan mententramkan jiwa.Selain itu berada di tengah-tengah hutan rimba yang berada dalam pengelolaan R P H Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Untuk tiket masuk ke tempat wisata Curug Cigentis, kita hanya perlu membayar sekitar Rp 2500 saja. Sedangakan parkir motor Rp5000, parkir mobil sekitar  Rp7000. Jika kita ingin memasuki air terjun kita hanya perlu membayar sekitar Rp15.000. Harga tiket masuk dan parkir masuk bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Destinasi wisata terindah di Kabupaten Karawang ini berjarak sekitar 44 kilometer dari pusat pemerintahan Kota Karawang. Air terjun Cigentis masuk ke dalam pengelolaan hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

24. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pendopo Taman Maya Datar di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Pendopo Taman Maya Datar di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pendopo Taman Maya Datar di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pendopo Taman Maya Datar di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata taman yang ada di kota purwakarta jawa barat yang sangat terkenal.

Taman Maya Datar tampil begitu cantik dengan bunga-bunga di sekelilingnya, serta dua air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan yang ciamik. Macan putih yang melambangkan Prabu Siliwangi pun seolah mengaum gagah di muka taman.Meski Taman Maya Datar biasa berfungsi sebagai lapangan alun-alun kota yang biasa digunakan untuk pelbagai upaca resmi, namun taman cantik ini juga dibuka untuk masyarakat luas pada pagi dan sore hari.

Jadi, setelah seharian bekerja keras, tidak ada salahnya Sahabat Purwakarta melepas penat di Taman Maya Datar.Taman Maya Datar ini merupakan pendopo kantor bupati purwakarta. Dengan suasana yang sangat alami dan asri tentu saja tidak menyangka bahwa itu tempat kediaman bupati purwakarta. Taman ini berada di depan kantor bupati purwakarta dengan suasana yang asri dan banyak pepohonan sangat cocok membawa keluarga untuk berlibur di tempat ini.

25. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Pamoyanan Indah di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Pamoyanan Indah di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Pamoyanan Indah di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Pamoyanan Indah di Purwakarta Jawa Barat merupakan sebuah Curug yang berada di kawasan Wisata Alam Bukit Pinus Panyawangan.

Penamaan Curug Pamoyanan Indah konon karena ditempat ini sering dipakai berjemur oleh harimau dan dahulu di Curug ini suka ada penampakan wanita cantik bernama Indah, dari kejadian itu maka warga sekitar dan pengelola memberi nama Curug Pamoyanan Indah.

Untuk mencapai keindahan curug ini Sahabat Purwakarta harus berjalan kaki mengikuti petunjuk arah menulusuri kawasan hutan pinus sekitar 600 meter dari lokasi parkir. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter, sahabata bisa merasakan dinginnya air di Curug ini.Jalan menuju Bukit Pinus Panyawangan memang membutuhkan perjuangan, dengan jarak yang cukup jauh sekitar 25 Km dari pusat kota Purwakarta, dan dari situ wanayasa kurang lebih 4 Km,

dengan medan jalan yang menanjak dan jalanan yang kurang begitu serta cukup sempit rata harus ekstra hati- hati dan butuh konsentrasi. Namun segala pengorbanan akan terbayar dengan keindahan yang ada disana, jika sahabat sedang mecari wisata alam baru di Purwakarta, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik.

26. Pesona Keindahan Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata alam yang terkenal di kota purwakarta dan sekitarnya. banyak wisatawan yang ingin melihat langsung keberadaan rumah pohon yang ada di gunung parang.

 Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat ini sangat cocok bagi para pecinta alam dan juga bagi para petualang karena untuk mencapai  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat ini di butuhkan perjuangan yang keras dan juga di butuhkan kesabaran, namun setelah sampai di  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat rasa lelah akan hilang dan berganti dengan rasa takjub dengan keindahan alam yang dapat di lihat dari  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat ini.

 Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datang ke  Obyek Wisata Rumah Pohon Gn. Parang di Purwakarta Jawa Barat ini.

27. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Tilu di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Tilu di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Tilu di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Tilu di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata alam yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Daya tarik alam yang relatif belum terjamah tangan manusia di wilayah ini memiliki pesona yang tidak bisa dikatakan biasa. Sukasari yang mayoritas wilayahnya masih berupa hutan belantara ternyata memiliki ‘Grand Canyon’ dan keindahan alam nan mempesona Yyaitu Curug Tilu yang tepatnya berlokasi di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Dua jalur dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin datang ke Curug Tilu. Yaitu Jalan Cikao Bandung Jatiluhur yang langsung tembus ke ruas Jalan Sukasari yang sudah mulus dapat menjadi pilihan utama, melalui jalur ini hanya dengan waktu 40 menit saja menuju lokasi, wisatawan sudah dapat sampai di Desa Ciririp.

Tepat di curug utama, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan hijau dengan kontur bebatuan khas pegunungan. Warna air di tempat tersebut terlihat kehijauan persis seperti ‘Grand Canyon’ di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Obyek Wisata Curug Tilu di Purwakarta Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur.

28. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Citra Resmi di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Citra Resmi di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Taman Citra Resmi di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Taman Citra Resmi di Purwakarta Jawa Barat berada tepat di Kompleks wisata Sribaduga Maharaja, di wilayah Situ Buleud atau tepatnya di jalan Siliwangi Purwakarta Kota. pengunjung bisa menikmati keindahan taman kota dengan balutan arsitektur modern, di taman ini juga pengunjung bisa bersantai bersama keluarga sambil menyaksikan keindahan air mancur mini.

Selain itu bisa juga berfoto dengan latar belakang taman dan sosok patung kuda yang menjulang tinggi dengan diapit dua gapura bernama gapura Indung Rahayu. Nah untuk yang suka olah raga di sini juga tersedia joging track sepanjang 3 kilometer atau untuk bermain sepeda. Saat Ini , Taman Citra Resmi Juga Telah Dilengkapi Fasilitas Air Minum Siap Saji .Sehingga Pengunjung Taman Citra Resmi Tidak Harus Repot Lagi Membawa Bekal Minuman.

Meski Tanpa Dipungut Biaya , Tetapi Ada Syarat Mutlak Bagi Pengunjung Saat Datang Ke Taman Tersebut.  Selain Dilarang Parkir Di Areal Taman Juga Dilarang Membuang Sampah Sembarangan Hingga Menginjak Rumput Taman.  Obyek Wisata Taman Citra Resmi di Purwakarta Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur.

29. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kampoeng Sadang di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Kampoeng Sadang di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kampoeng Sadang di Purwakarta Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kampoeng Sadang di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya.

Kampoeng Sadang. Salah satu lokasi wisata yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Purwakarta, atau tepatnya di Desa Mulya Mekar, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta.Di lokasi wisata ini, anda dapat menikmati berbagai wahana permainan yang bertemakan alam serta fasilitas yang menunjang untuk memanjakan anda saat berkunjung di tempat ini.

Di lokasi wisata ini, menyediakan aneka ragam fasilitas yang bisa digunakan. Baik family ghatering untuk anda yang datang bersama keluarga, atau kids adventure bagi para pengunjung yang ingin memanjakan anak-anaknya. Bagi anda yang suka dengan hewan, Kampoeng Sadang juga menyediakan wahana animal farm.

Tak cukup disitu, bagi yang memiliki hobi berpetualang Kampoeng Sadang juga menyediakan flying fox, cros and atv, serta perahu karet untuk mengarungi sungai yang dibentengi hutan indah.Taman wisata Kampoeng Sadang yang memiliki luas lahan 5 ha memang dikelola secara profesional dan mengedepankan nuansa alam. Sehingga, selain berwisata, pengunjung juga dapat berlatih sekaligus bermain di hutan lindung lokasi wisata yang tak jauh dari Gerbang Tol Sadang ini.

30. Pesona Keindahan Obyek Wisata sungai Cidomas di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata sungai Cidomas di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata sungai Cidomas di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata sungai Cidomas di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata alam di purwakarta jawa barat yang sangat terkenal. Di pinggiran sungai Cidomas terdapat bebatuan yang tertata alam dengan sangat indah, rindangnya pepohonan dan sejuknya udara membuat asri sungai Cidomas, di spot yang lain terdapat kucuran air curug kecil (air terjun) yang menambah romantisnya Cidomas.

Walaupun Cidomas belum setenar wisata-wisata air yang berada di wilayah Purwakarta dan Subang seperti Situ Wanayasa, Curug Cipurut, Curug Cijalu, Curug Cileat, Curug Capolaga dll. Akan tetapi Sungai Cidomas memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung yang sudah merasakan keindahan sungai yang jernih ini.

Sungai ini bisa untuk berenang bagi anak-anak dan dewasa karena kedalamannya berpariasi dari kedalaman 10 cm sampai kedalaman dua meter, bagi para pengunjung yang mengajak anak-anak harus ada perhatian khusus apabila anak-anak berenang, jangan sampai niat kita dari rumah untuk bersenang-senang berubah menjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tetap hati-hati aja ya kawan.

31. Pesona Keindahan Obyek Wisata Gedung Kerisedenan Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Gedung Kerisedenan Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Gedung Kerisedenan Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat ini  Obyek Wisata Gedung Kerisedenan Purwakarta di Purwakarta Jawa Barat berada di Jl. K.K. Singawinata sebelah selatan Situ Buleud. Secara administratif termasuk di wilayah Kampung Upas, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, tepatnya pada koordinat 06° 33' 543" Lintang Selatan dan 107° 26' 803" Bujur Timur. Pembangunan Gedung Karesidenan berkaitan erat dengan status Purwakarta sebagai ibukota Karesidenan Karawang.

Pada awal masa pemerintahan Bupati Sastra Adiningrat I (tahun 1854), Purwakarta menjadi ibukota Keresidenan Karawang. Akan tetapi, untuk beberapa waktu lamanya, residen Karawang tetap berkedudukan di kota Karawang. Dalam waktu tertentu ia datang ke Purwakarta. Hal itu disebabkan di kota Purwakarta belum dibangun gedung keresidenan dan belum ada sarana transportasi yang memadai. Kedudukan kota Purwakarta sebagai pusat pemerintahan keresidenan, telah menimbulkan perubahan situasi kota tersebut. Sejak waktu itu dinamika kehidupan di kota Purwakarta makin mengarah pada kehidupan modern.

Gedung Keresidenan di Purwakarta baru dibangun seiring dengan pembangunan jalan kereta api antara Batavia – Padalarang lewat Purwakarta pada awal abad ke-20. Jalur kereta api Karawang – Purwakarta (41 kilometer) diresmikan tanggal 27 Desember 1902. Jalur itu sampai di Padalarang tahun 1906. Dengan demikian, gedung keresidenan di Purwakarta mungkin dibangun sekitar tahun 1902.Gedung Karesidenan menempati lahan yang cukup luas. Bangunan utama berada di tengah halaman.

32. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purwakarta  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota purwakarta juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat merupakan obyek wisata berupa taman yang sangat di gemari oleh masyarakat purwakarta dan sekitarnya, khususnya bagi para pelajar.

Taman yang memiliki luas 1,5 hektar itu berada tepat disamping Taman Air Mancur Sri Baduga yang sama-sama berada di kawasan Situ Buleud. Sesuai dengan namanya, taman ini dikhususkan bagi mereka anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Taman ini sepertiganya juga dilengkapi oleh panggung besar yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan.

Panggung tersebut dilengkapi dengan layar sangat besar atau megatronTaman Cerdas Surawisesa ini juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas seperti toilet, tempat duduk, bahkan air siap minum. Khusus tempat duduk, saat ini sedang dalam tahap renovasi dan akan diganti agar bisa menampung 1.000-1.500 orang.

 Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datang untuk mengisi liburan di  Obyek Wisata Taman Cerdas Surawisesa di Purwakarta Jawa Barat ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top