Pesona Keindahan Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten

Pesona Keindahan Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten

Keindahan Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten


Informasi Umum

Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pandeglang tidak mengunjungi Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Prasasti Munjul di kota Pandeglang.



Lokasi

Dimana lokasi Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.


Daya Tarik

Dugaan ini berdasarkan pada sebuah prasasti yang ditemukan pada tahun 1947, di aliran Sungai Cidanghyang. Karena ditemukan di daerah Munjul, maka prasasti ini dinamakan Prasasti Munjul. Prasasti Munjul berhuruf Palawa dan berbahasa Sanskerta, dipahat pada sebuah batu andesit yang berukuran panjang 3,2 m dan lebar 2,25m. Prasasti Munjul ditulis menggunakan teknik tatah dengan kedalaman gores kurang dari 0,5 cm, sehingga antara permukaan batu asli dengan tulisan hampir sama.

G. J. de Casparis bersama Boechari, dua tokoh yang terkenal di bidang epigrafi, berhasil membaca prasasti Munjul pada tahun 1950. Kemudian pada tahun 1954, Dinas Purbakala RI melakukan transkripsi prasasti tersebut, yang berbunyi sebagai berikut yang berarti “Inilah (tanda) keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sesungguh-sungguhnya dari raja dunia, yang mulia Purnawarman, yang menjadi panji sekalian raja”.

Dari hasil pembacaan prasasti tersebut dapat diketahui bahwa daerah Banten pernah termasuk dalam wilayah kekuasaan Raja Purnawarman dari Kerajaan Tarumanegara yang berlatar belakang agama Wisnu. Wilayah Kerajaan Tarumanegara mencakup seluruh dataran rendah dari muara Sungai Citarum sampai ke Selat Sunda. Prasati terdiri dari dua baris huruf Pallawa seperti huruf pada prasasati tugu yang terdapat di Jakarta dan menggunakan bahasa Sangsekerta.

Prasasti ini merupakan salah satu bukti tertulis bahwa Banten telah memasuki masa sejarah pada sekitar abad ke 6 Masehi dan merupakan sebagian dari kerjaan Taruma yang berkedudukan didaerah Bogor. Dalam kronik Cina, kerajaan Taruma disebut dengan To Lo Mo yang pada abad ke 6 dan ke 7 Masehi mengirimkan utusannya ke Cina. Indikasi masuknya peradaban Hindu-Budha ke daerah Banten diduga telah ada sebelum abad ke 5 Masehi, tetapi bukti-bukti konkrit perupa artefak belum diperoleh secara meyakinkan.

Fasilitas

Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten bisa dibilang sebuah wisata sejarrah yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Kamar mandi / MCK

- Tempat Istirahat

- Warung makan

- dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Pandeglang sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Pandeglang saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Kecamatan Munjul. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Lebak hingga sampai di lokasi Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman - teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati - hati.

Peta Lokasi


Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten yang dapat saya informasikan di web teluklove.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Wisata Prasasti Munjul di Pandeglang Banten. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Pandeglang. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top