Daya Tarik Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali

Daya Tarik Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali

Keindahan Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali


Informasi Umum

Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Denpasar, Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Denpasar tidak mengunjungi Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Tradisi Ngaben di kota Denpasar.



Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Denpasar, Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.


Daya Tarik

Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali ini selain sebagai sebuah ritual bisa dikatakan sebuah tradisi yang tetap terjaga lestari sampai sekarang ini. Nagben sendiri adalah sebuah upacara pembakaran mayat yang dilakukan oleh warga Hindu dengan tujuan untuk menyucikan roh orang yang sudah meninggal untuk menuju ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Ini adalah bentuk penghormatan bagi orang-orang yang ditinggalkan kepada leluhurnya agar arwahnya segera bisa kembali ke Sang Pencipta. Tata cara pelaksanaan upacara ini kadang-kadang berbeda-beda antar satu tempat dengan yang lainnya, namun esensinya sama, dan hampir semua kegiatan upacara agama berkaitan kepercayaan masyarakat yang terkenal dengan desa Kala Patra, selain berdasarkan sumber kitab suci weda atau lontar pelaksanaannya disesuaikan dengan tempat, waktu dan keadaan.

Kata Ngaben itu sendiri berasal dari kata api mendapat awalan nga dan akhiran an menjadi ngapian menjadi sengau ngapen dan lambat laun terjadi penggeseran kata menjadi ngaben. Dalam hal ini ada 2 sumber api, api nyata yang membakar jenazah dan api abstrak yang merupakan mantra puja dari sang pendeta yang memimpin upacara. Dalam versi lainnya ada yang mengatakan berasal dari kata beya yang berarti bekal atau abu (menjadi abu) yang semua artinya mengarah kepada pelepasan terakhir dalam kehidupan manusia.

Besar kecilnya prosesi ngaben ini ditentukan oleh tingkat kemampuan ekonomi warga, bagi  yang mampu tidak jarang dilakukan dengan upacara tingkatan lebih besar (utamaning utama) dan meriah mengingat rasa hormat dan sayang kepada orang yang meninggal.

Bagi yang kurang mampu bisa mengambil tingkatan upacara yang lebih rendah (nistaning utama) sehingga bisa dimaknai, bagaimanapun bentuk atau tingkatan upacara tersebut tetap utama dan memiliki makna sama. Bahkan sekarang dilakukan upacara Ngaben massal sehingga lebih irit biaya, orang yang meninggal, jasadnya tidak dibakar tapi dikubur, menunggu hari baik dan kesepakatan warga setempat untuk melaksanakan upacara ini.

Fasilitas

Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali bisa dibilang sebuah wisata tradisi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Tempat ibadah umat hindu

- Kamar mandi / MCK

- Tempat Istirahat

- dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Denpasar sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Denpasar saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Denpasar. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman - teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati - hati.

Peta Lokasi


Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali yang dapat saya informasikan di web teluklove.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Objek Wisata Tradisi Ngaben di Denpasar Bali. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Denpasar, Bali. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top