Luar Biasa Indahnya 19 Destinasi Wisata di Kota Sukoharjo Jawa Tengah

Luar Biasa Indahnya 19 Destinasi Wisata di Kota Sukoharjo Jawa Tengah

19 Daftar Tempat Wisata di Sukoharjo Jawa Tengah  Harus Kamu Kunjungi - Sukoharjo Jawa Tengah adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Sukoharjo Jawa Tengah lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Sukoharjo Jawa Tengah dulu.Sejarah kota atau kabupaten  Sukoharjo Jawa Tengah

Di Sukoharjo Jawa Tengah Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Sukoharjo Jawa Tengah kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Sukoharjo Jawa Tengah kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Sukoharjo Jawa Tengah tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Sukoharjo Jawa Tengah mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Sukoharjo Jawa Tengah yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Sukoharjo Jawa Tengah bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Sukoharjo Jawa Tengah yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Sukoharjo Jawa Tengah . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.Sukoharjo Jawa Tengah merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik.

 keindahan pantai pantai di Sukoharjo Jawa Tengah pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini wisata Sukoharjo Jawa Tengah . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Sukoharjo Jawa Tengah.

Selain pantai di kota Sukoharjo Jawa Tengah terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Sukoharjo Jawa Tengah diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Sukoharjo Jawa Tengah yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1.Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alun Alun Kota Sukoharjo Jawa Tengah 


Destinasi Wisata Alun Alun Kota Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sukoharjo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahDestinasi Wisata Alun Alun Kota Sukoharjo Jawa Tengah ini. Alun-alun merupakan salah satu ruang publik bagi masyarakat Kabupaten sukoharjo  untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat maupun teman dekat. Dengan adanya pohon-pohon yang cukup rindang membuat suasana di alun-alun Kabupaten sukoharjo menjadi cukup adem dan nyaman.

Alun-alun Kabupaten  sukoharjo  biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada saat akhir pekan. Akses jalan yang bisa tempat ke pusat kota pertokoan,sebelah utara alun-alun merupakan tempat warung makanan khas sukoharjo,  Nasi grombyang ,lontong dekem,sate loso,bakso.di selatan adalah akses jalan menuju kantor bupati dan wakil bupati sukoharjo.

Alun-alun Kabupaten sukoharjo  juga dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintahan sukoharjo dan tempat umum seperti Masjid Agung,,Perpustakaan Umum,Rumah tahanan (Penjara),dan masih banyak lagi, Pokoknya buat tongkrongan dijamin bisa membuat anda puas apalagi klo malam hari dari jam7 sampai malam banyak orang-orang nongkrong menikamti indahnya alun2 sukoharjo di malam hari bisa buat kumpul sama temen2,keluarga ataupun pacar.

2. Pesona Keindahan Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sesudah sampai di daerah lokasi, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 kilometer dengan jalan menanjak dan curam, yang kebanyakan diatasi kawula muda dengan sepeda motor. Tujuan makin dekat dengan memasuki sebuah terowongan berbentuk mulut naga. Di situlah wisatawan bisa menengok genangan air di bawah pohon gondang yang besar dan rimbun.

Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah merupakan kawasan wisata alam pegunungan yang masih alami dan sumber  air  yang  berada  di  Pegunungan  Batu Seribu  yang  tidak  pernah  kering meskipun  pada  musim  kemarau,  kemudian  banyak  orang berdatangan  ke  lokasi tersebut   untuk  berekreasi  dan  sumber  air  itu  di  kenal  dengan  nama Sumber Pacinan.

Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo memiliki potensi alam yang berlimpah, seperti kondisi pegunungan yang berbatu-batu dan berbukit-bukit yang di kembangkan oleh pemerintah daerah sukoharjo menjadi hutan buatan yaitu hutan  jati sehingga  menghasilkan  pemandangan  yang  indah  dan  berpotensi  untuk dikembangkan  menjadi obyek  wisata oleh pemerintah Kabupaten Sukoharjo

3.  Keindahan Destinasi Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah ini. Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah  adalah taman rekreasi baru yang berada di tepi jalur jalan Solo-Wonogiri, tepatnya di Jl. Raya Telukan km 8, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Objek wisata yang hadir dengan memadukan wisata air dan wahana permainan modern ini dapat menjadi pilihan wisatawan selama musim mudik Lebaran 2015.Royal Water Adventure ini berada tidak jauh dari Jembatan Bacem, hanya 10 menit perjaklanan dari titik itu untuk mencapai lokasinya. Objek wisata ini memiliki gedung berlantai empat dan memiliki empat wahana yang menarik untuk anak-anak, seperti kolam arus, play ground, body slide, dan kolam renang semi olympic.

Wisata Royal water adventure di Telukan Sukoharjo Jawa Tengah memaparkan beberapa wahana memiliki keunggulan, seperti wahana play ground yakni wahana permainan anak yang terdapat di tengah kolam, didesain menyerupai sebuah istana dengan warna-warna yang cerah. Sedangkan, body slide merupakan wahana permainan bagi anak-anak yang ingin mengujinyali dengan tinggi 5 meter.

4. Pesona Keindahan Destinasi Wisata Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah


Destinasi Wisata Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  candirejo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota  sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Destinasi Wisata Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah ini.Destinasi Wisata Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah terbentuk dari bekas pertambangan yang ditinggalkan oleh para penambang.

Bekas-bekas galian itu kemudian tergenang oleh air dan terjadilah semacam danau atau telaga, yang uniknya mempunyai warna berbeda-beda di tiap-tiap bekas galian. Namun mayoritas berwarna kehijauan karena merupakan bekas galian batu kapur.Telaga Biru yang warnanya hijau ini berada di daerah perbatasan antra Kabupaten Gunung Kidul dan Sukoharjo, tak heran banyak juga yang menyebut Telaga Biru Sukoharjo karena memang di perbatasan.

Lokasi Telaga Biru ini memang cukup jauh dari Jogja sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan ditempuh mellaui jalur Jogja-Klaten. Sebagai obyek wisata air, Telaga Biru juga asyik sebagai tempat untuk melemparkan diri ke dalamnya, atau mungkin hanya membasahi kaki dan tangan. Pengelola tempat ini menyediakan balon atau pelampung bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mandi di telaga batu kapur ini dengan membayar sewa sebesar Rp 10.000.

5. Pesona  Keindahan Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Telaga Claket ibarat surga yang tersembunyi dan masih natural menyatu dengan alam. Suasana hening bernafaskan hembusan angin membawa para pengunjung akan merasa nyaman duduk di area Gazebo telaga sebelum turun ke telaga untuk mengambil gambar moment teristimewa.

Dipinggir telaga nampak beberapa orang laki-laki yang duduk sambil memegangi gagang pancing ditangannya berharap seekor ikan mau memakan umpannya. Sesi pengambilan foto yang disukai pengunjung terletak di jembatan kayu menuju telaga, namun untuk hal ini pengunjung harus membayar Rp.5000,-/orang untuk dapat turun dan berfoto.

Telaga Claket bukan hanya menghadirkan keindahan telaganya, namun juga menawarkan perpaduan antara wisata dan agro. Hal ini dapat dijumpai di sebelah timur gazebo terdapat kolam-kolam untuk membudidayakan ikan lele. Pengunjung yang datang ke telaga bermacam-macam ada yang komunitas pemancing, peserta yang ingin mengadakan wisata alam dan para pelancong lainnya.

6. Pesona Keindahan Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah merupakan  bendungan keren yang bisa dijadikan alternatif liburan. Anda turun ke bawah untuk foto dengan background tembok beton yang kokoh serta pintu air bendungan. Bendungan Colo menyimpan potensi wisata yang belum tergarap secara optimal. Anda yang berkunjung pun dibiarkan tanpa dipungut biaya sebagai bentuk promosi.

Wisata Dam Colo di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah memiliki luas 32.200 hektar ini belum dikelola secara serius oleh pemerintah daerah sebagai sebuah obyek wisata yang layak. Area di tepi bendungan yang semestinya dimanfaatkan sebagai arena bermain terlihat kotor dan kumuh seperti sudah lama tidak dirawat. Pengunjung yang datang pun kebanyakan hanya penasaran, setelah tahu mereka langsung pergi lagi.

Turun saja kebagian bawah dekat pintu air. Tempat itu sangat manis untuk foto-foto terlebih banyak tumpukan beton untuk meredam aliran sungai plus tembok beton yang cukup fotogenik untuk dijepret. Namun terlebih dahulu kamu harus melihat situasi dan kondisi termasuk cuaca saat berkunjung. Pasalnya tempat yang akan kamu tuju ini berada tepat di depan pintu air, cukup berbahaya jika Sungai Bengawan Solo sedang banjir, terlebih ini musim hujan.

7. Pesona Keindahan Destinasi Wisata Curug Krajan di weru Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Curug Krajan di Weru Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  krajan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota  sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahWisata Curug Krajan di Weru Sukoharjo Jawa Tengah ini.Salah satu keindahan wisata Kabupaten Sukoharjo yang tersembunyi yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Krajan. Tempatnya tersembunyi karena jarang tereksplore dan juga letaknya yang berada di sudut Selatan Sukoharjo.

curug Krajan, merupakan sebuah nama air terjun yang beraliran sungai kecil dari curug Krajan yang masih asri dan jernih. Lingkungan sekitarnya pun masih begitu alami dan bersih. Curug ini terletak di Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Yang sebenarnya mempunyai pesona yang lumayan indah yang terletak tak begitu jauh dari perumahan warga.

Air terjun ini belum terlalu ramai oleh pengunjung. Yang datang kesini biasanya anak-anak remaja yang mencari tempat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Saat weekend pun tempat ini juga tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk mencari tempat refreshing yang sepi untuk melepas rasa penat atau rasa bosan / jenuh dan lari sejenak dari hiruk pikuk.

8.  Pesona Keindahan Wisata Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  Wisata Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Waduk Mulur di Bendosari Sukoharjo Jawa Tengah memiliki pesona waduk yang indah. Waduk Mulur kerap menjadi destinasi favorit para pencinta joran dan pancing. Ketika Minggu tiba, pinggiran waduk bakal penuh dengan para pemancing. Mereka bahkan kerap menenggelamkan separuh tubuhnya di air untuk mencari titik terbaik. Salah satu jenis ikan yang menjadi ciri khas Waduk Mulur adalah ikan predator jenis toman.

Selain toman, pemancing juga bisa mendapati varian ikan lain seperti ikan gabus dan patin. Bagi yang enggan memancing, pengunjung bisa membeli ikan dari petani karamba di sekitar waduk. Jenis ikan yang dibudidayakan di antaranya nila, gurame, jambal, dan lain-lain. Pada waktu-waktu tertentu Waduk Mulur kerap menjadi lokasi lomba dayung, sky air, dan motor air.

Pemerintah setempat memfokuskan pembangunan destinasi wisata yang mengarah pada iusata alam dan air. Nantinya di sekitar waduk bakal dibangun untuk bumi perkemahan, pengolahan air minum, dan objek wisata. Wahana permainan air seperti perahu kayuh, water boom dan permainan ketangkasan bakal dikembangkan. Dari total luas kawasan sekitar 120 hektare, 90 hektare di antaranya digunakan untuk waduk. Sementara untuk saat ini, Waduk

9. Pesona Keindahan Destinasi Wisata Sendang penilih di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah


Destinasi Wisata Sendang penilih di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  nguter juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Destinasi Wisata Sendang penilih di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah ini. Meskipun bernama sendang, yang berarti sumber air alami layaknya mata air, tempat wisata ini sejatinya adalah wisata air buatan berupa kolamrenang.

Airnya sendiri berasal dari sumur bor. Kolam renang ini dibuka untuk umum pada tahun 2009.Pancuran air kecil yang terbuat dari pipa paralon berwarna putih tak henti-hentinya mengucurkan air. Air yang keluar dari pipa tersebut memenuhi salah satu kolam renang di Sendang Pinilih.

air yang digunakan untuk mengisi kolam renang diambil dari sumur bor. Sepekan sekali, air itu dikuras dan dibersihkan. Rata-rata pengunjung pada hari kerja biasanya 18-20 orang. Sementara pada akhir pekan dan libur hari raya pengunjung bisa mencapai 60-80 orang.

Dalam area ini, terdapat tiga kolam renang dan satu kolam ikan. Satu kolam renang berkedalaman setengah meter, lainnya masing-masing satu meter dan dua meter. Pengelola tempat wisata menyediakan persewaan ban dan pakaian renang untuk pengunjung.

10. Pesona Keindahan Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah didesain sesuai kisah pewayangan India yang sangat digemari masyarakat Jawa. Ada sekitar 15 wahana air yang siap menjadi tempat berpetualangan, seperti Action River, Fantastic Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower dan masih banyak lagi. Namun, wahana air yang paling menantang adalah Black Hole Slide.

Tak cukup dengan itu, wisatawan bisa bersantai dengan pelampung dan mengikuti aliran kolam arus ala Pandawa. Kolam arus ini merupakan wahana air unggulan Pendawa Water World, memiliki kedalaman sekitar setengah meter dan sangat aman untuk pengunjung semua usia. Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah memiliki fasilitas yang cukup lengkap serta menarik. Terhitung hingga sekarang ini sudah tersedia sebanyak 27 wahana yang bisa dinikmati para wisatawan yang berkunjung kesana.

Wisata Pandawa Water World di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah mengusung konsep yang cukup keren dengan menghadirkan nuansa tradisional yang berupa tokoh-tokoh pewayangan yang masuk dalam Pandawa Lima. Oleh karena itu, beberapa wahana yang tersedia di Pandawa Water World ini juga menggunakan nama-nama dari tokoh pewayangan tersebut.

11. Pesona Keindahan Wisata Alaska Waterboom di Polokarto Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Alaska Waterboom di Polokarto Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Alaska Waterboom di Polokarto Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Alaska Waterboom di Polokarto Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Alaska Waterboom di Polokarto Sukoharjo Jawa Tengah berada di tengah kebun jati kering itu bagaikan sebuah oasis di tengah padang pasir. Di sisi kiri dan kanan terdapat kebun jati yang daunnya meranggas. Di Alaska Warterboom, ada dua kolam kecil dan sedang. Kolam kecil berukuran 9,25 meter x 2 meter, kedalamannya 50 cm. Sedangkan kolam sedang berukuran 10 meter x 15 meter, kedalaman sisi utara 75 cm dan kedalaman sisi selatan 100 cm.

Sementara ember raksasa berwarna oranye tumpah setiap satu menit sekali. Beberapa perosotan dan ayunan untuk anak-anak pun tersedia. Pemilik Alaska Waterboom, Joko Widadi, 37, mengatakan bangunan Alaska Waterboom memang belum sepenuhnya jadi. Ia masih ingin menambah beberapa kandang binatang peliharaan. Selain itu, ia juga ingin menyempurnakan bangunan pemancingan yang ada di belakang kolam renang.

Ia mengatakan prospek ke depan usaha waterboom miliknya itu cukup bagus. Saat musim liburan lalu, omzet yang ia dapatkan Rp10 juta selama tiga pekan. Joko memang ingin mengembangkan konsep kolam renang, pemancingan, warung makan dan pusat budi daya satwa di tanah seluas 2 hektare itu. Meski berada di wilayah yang rawan kekeringan, namun usaha yang membutuhkan banyak stok air itu tetap berjalan.

12. Pesona Keindahan Destinasi Wisata Kora kora  di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah


Destinasi Wisata Kora kora  di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah purbayan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahDestinasi Wisata Kora kora  di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah ini. Destinasi Wisata Kora kora  di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah ini Terletak di tengah sawah (sebelum sawah-sawah itu berubah jadi pemukiman), air kolam diambil dari sumur yang masih jernih, tanpa menggunakan kaporit.

Kolam dikuras setiap hari, air kolam dibuang ke kolam resapan yang disediakan di bagian belakang kolam. Di kolam resapan itu, terdapat ikan mas untuk dikonsumsi sendiri. Airnya pun segar, tidak seperti air pada kolam renang pada umumnya.

Meski tereletak di tengah pemukiman di pinggir kota, kolam renang ini cukup ramai. Pelanggan kolam renang Kora-Kora ini adalah anak-anak kecil, karena memang kolam dirancang tidak dalam, tak sampai 1,5 meter. Dengan ongkos masuk 5 ribu rupiah, anak-anak bisa bermain air dan perosotan.

13.Keindahan Wisata Kraton Kartasura di Ngadirejo Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Kraton Kartasura di Ngadirejo Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Kraton Kartasura di Ngadirejo Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Kraton Kartasura di Ngadirejo Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Daerah Kartosuro tidaklah banyak situs atau candi yang bisa ditemukan.Peninggalan yang saya temukan di daerah ini sebagian besar adalah peninggalan Islam. Salah satunya adalah Petilasan Kraton Kartosuro. Keraton Kartasura didirikan oleh Sunan Amangkurat II pada tahun 1679 Masehi. Sunan Amangkurat II adalah raja pengganti Sunan Amangkurat I, Raja Mataram di Keraton Plered yang melarikan diri dan meninggalkan Tegal ketika terjadi serangan Trunajaya dari Madura pada tahun 1677. Setelah Sunan Amangkurat II menjabat sebagai raja.

Kini Kraton Kartosuro hanya tinggal bekasnya saja, yang masih tersisa adalah pagar / tembok / benteng dari batu bata setebal 2 - 3 m dan dengan ketinggian kurang lebih 3 m.Saat ini bekas kraton ini khusunya dilingkungan benteng kedhaton sudah berubah fungsi menjadi tempat pemakamam kerabat Kraton Surakarta.

14.Keindahan Destinasi Wisata Petilasan kraton pajang di Kertasura Sukoharjo Jawa Tengah 


Wisata Petilasan kraton pajang di Kertasura Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  kertasura juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Petilasan kraton pajang di Kertasura Sukoharjo Jawa Tengah ini. di Wisata Petilasan kraton pajang di Kertasura Sukoharjo Jawa Tengah ada pendopo yang pada blandarnya digantung lukisan wajah Ki Ageng Giring, lukisan Mas Karebet bertarung dengan banteng, serta wajah Sunan Kalijaga. Pada sisi lainnya ada lukisan wajah Ki Ageng Pemanahan, Joko Tingkir naik rakit bersama tiga abdinya (Willa, Wuragil, Manca) dikawal buaya, serta lukisan Panembahan Senopati.Gapura candi bentar kedua serta sepasang arca Dwarapala yang harus di lewati  untuk masuk ke area Petilasan Keraton Pajang Sukoharjo.

Sebuah patung rajawali bertengger di atas tiang, dan salah satu cakarnya menggenggam sebilah keris telanjang. Di belakang gapura terdapat pohon beringin rimbun dengan sulur lebat serta patung seekor harimau putih.Lalu ada poster berisi silsilah Sultan Hadiwijaya. Silsilah dimulai dari Brawijaya V, berputri Ratu Pembayun yang menikah dengan Sri Makurung Prabu Handayaningrat (Jaka Sengara / Ki Ageng Pengging Sepuh) dan berputra Kebo Kanigara, Kebo Kenanga dan Kebo Amiluhur.

Silsilah ini sama seperti yang terlihat di makam ki ageng pengging sepuh.Kebo Kenanga menurunkan Mas Karebet, Sultan Pajang bergelar Hadiwijaya. Silsilah itu berakhir pada Amangkurat Jawa yang berputra tiga raja, yaitu PB II, HB I, dan Mangkunegara. Salah satu putera Hadiwijaya yang bernama Pangeran Benawa menurunkan pujangga terkenal, yaitu Yosodipuro I, Yosodipuro II, Yosodipuro Sastronagoro dan Ronggowarsito.


15.Keindahan Wisata Gunung Sepikul di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Gunung Sepikul di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Gunung Sepikul di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Sukoharjo juga terkenal akan Wisata Gunung Sepikul di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk  dikunjungi.

Untuk menikmati gagahnya bukit kembar ini, anda harus mendaki bukit kapur di Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, yang letaknya tepat di depan Bukit Sepikul. Keindahan bukit ini tampak sempurna saat dibingkai cahaya senja. Sesudah tiba di lokasi, tidak perlu membayar tiket masuk. Biaya parkir senilai Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil, menjadi tanda masuk resmi.

Pengunjung kemudian bisa langsung mendaki bukit dengan kemiringan sekitar 40-60 derajat. Sepatu atau sandal gunung disarankan agar enggak terpeleset saat menjejak di bebatuan kapur. Disana terdapat banyak watu antara lain Ada Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon, dan Watu Tumpuk, semuanya punya pemandangan yang berbeda. Watu Tumpuk menjadi lokasi favorit untuk melihat keindahan Bukit Sepikul.

16. Keindahan Wisata Pesanggrahan Langenharjo di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Pesanggrahan Langenharjo di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pesanggrahan Langenharjo di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Pesanggrahan Langenharjo di Grogol Sukoharjo Jawa Tengah merupakan sebuah bangunan kuno yang sampai saat ini masih dilestarikan.  Tempat pertama yang saya kunjungi di Pesanggrahan Langenharjo adalah pendopo depan yang disebut Prabasana, biasa digunakan untuk pertunjukan wayang, sarasehan, dan juga tirakatan. Meskipun pada foto terlihat lumayan cantik, sesungguhnya pendopo ini terlihat agak kurang terurus kebersihannya.

Pada pendopo ini terdapat replika Kyai Rajamala di ujung dekat pintu, yang kembarannya sudah saya lihat di Museum Radyapustaka di Solo. Canthik Perahu Rajamala adalah hiasan pada haluan perahu pesiar istana yang mengambil simbol tokoh pewayangan bernama Raden Rajamala, dibuat oleh putera mahkota pada masa Susuhunan Pakubuwono IV yang kemudian dinobatkan sebagai Pakubuwono V. Dari Pendopo Prabasana, kuncen wanita yang bernama Mulyani dan juga menunjukkan potongan-potongan kayu yang ia sebut sebagai Perahu Joko Tingkir yang diletakkan di sisi luar bangunan.

Ada lagi sebuah lorong pendek yang Mulyani sebut sebagai Sumur Bandung, konon tempat air suci. Mulyani bercerita bahwa di tempat ini sering terdengar suara macan di sekitar jam 3 sore, biasanya di Hari Kamis atau Selasa Kliwon.Tempat paling belakang di Pesanggrahan Langenharjo yang saya kunjungi ini merupakan pendopo yang disebut Pendopo Pungkuran, dimana terdapat tempat duduk PB X.

17. Keindahan Wisata Umbul Pecinan Batu Seribu di Bulu Sukoharjo Jawa Tengah


Sumber Pacinan memiliki potensi alam yang berlimpah, seperti kondisi pegunungan yang berbatu-batu dan berbukit-bukit yang di kembangkan oleh pemerintah daerah sukoharjo menjadi hutan buatan yaitu hutan  jati sehingga  menghasilkan  pemandangan  yang  indah  dan  berpotensi  untuk dikembangkan  menjadi obyek  wisata oleh pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

Nama Pacinan berasal dari cerita asal usul daerah pacinan itu sendiri. Pacinan berasal dari kata Pacing yang berarti sejenis rumput-rumputan yang banyak tumbuh di daerah itu. Asal usul nama Pacinan berasal dari legenda masyarakat setempat yang diceritakan secara turun temurun. Berawal dari kehidupan sepasang suami istri Ki Gathok dan Nyi Lanjar yang berjanji sehidup semati. Pada suatu hari, Ki Gathok pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Saat berjalan di hutan untuk mencari kayu bakar, dia menemukan sebutir telur di tepi jalan dan dimakannya.

Namun baru setengahnya dia habiskan, seluruh badannya menjadi terasa panas. Ia berlarian ke sana kemari, mencari air. Tanpa disadari sepasang tangan Ki Gathok mencabuti rumput pacing yang berada di bawah pohon Gondang. Sungguh ajaib. Dari bekas cabutan itu keluarlah air yang kian membesar, dan akhirnya membentuk genangan yang besar dan dalam. Namun panas tubuh yang tak juga hilang membuat Ki Gathok akhirnya menceburkan diri ke dalam genangan air itu dan hilanglah ia sampai ke dasar.


Nyi Lanjar yang menanti di rumah mulai gelisah karena suaminya tak kunjung pulang ke rumah. Nyi Lanjar akhirnya bertekad untuk mencari suaminya masuk ke hutan. Nyi Lanjar kemudian menemukan potongan telur sisa suaminya dan menyantapnya sampai habis. Sama seperti sang suami, sekujur tubuh yang terasa panas dan ia menceburkan diri ke dalamnya. Genangan air itulah yang hingga kini dikenal masyarakat sekitar sebagai Umbul Pacinan yang berasal dari sumber kata Pacing.

18. Wisata Religi Makam Ki Ageng Purwoto Sidik di Jatingarang Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Religi Makam Ki Ageng Purwoto Sidik di Jatingarang Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  jatingarang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Religi Makam Ki Ageng Purwoto Sidik di Jatingarang Sukoharjo Jawa Tengah ini. Kyai Ageng Purwoto Sidik (Ki Kebo Kanigoro) yang merupakan suami Nyai Gadhung Melati dan ayah Roro Tenggok (Roro Sekar Rinonce) adalah paman sekaligus guru Raden Mas Karebet (Jaka Tingkir/Sultan Hadiwijaya) yang menjadi pendiri Kerajaan Pajang. 

Ayah Kyai Ageng Purwoto Sidik bernama Pangeran Handayaningrat (Jaka Sengara/Kyai Muhammad Kabungsuan/Ki Ageng Pengging Sepuh) putra Syaikh Jumadil Kubro, Troloyo, Mojokerto. Ibu Kyai Ageng Purwoto Sidik bernama Raden Ayu Retno Pambayun putri Prabu Brawijaya V (Raja Majapahit terakhir). Semasa hidupnya Ki Ageng Purwoto Sidik merupakan guru dari Joko Tingkir yang kelak kemudian hari berhasil menjadi raja di Kerajaan Pajang.

Lokasi berada di Dusun Sarean, Kelurahan Jatingarang, Kecamatan Weru, Sukoharjo. Ingin mengetahui sejarah dari Ki Ageng Purwoto Sidik ? Berikut cerita sejarah yang kami kutip dari berbagai sumber.

Pengembaraan Kyai Purwoto Sidik meninggalkan banyak petilasan di berbagai daerah. Namun, karena di tiap daerah selalu berganti nama, banyak orang meragukan petilasan itu. Banyubiru lalu menjadi kata kunci kepastian jati diri tokoh mistis ini.

19. Destinasi Wisata Religi Makam Ki Ageng Sutawijaya di Majasto Sukoharjo Jawa Tengah


Wisata Religi Makam Ki Ageng Sutawijaya di Majasto Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  majasto
juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota sukoharjo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Religi Makam Ki Ageng Sutawijaya di Majasto Sukoharjo Jawa Tengah ini.Wisata Religi Makam Ki Ageng Sutawijaya di Majasto Sukoharjo Jawa Tengah terletak  di puncak bukit setinggi kurang lebih 60 meter di Pegunungan Kendeng Kidul, Desa Majasto, Tawangsari seraya memandang ke bawah, akan terlihat pemandangan asri.

Hamparan sawah yang menghijau dan perumahan warga terasa menyejukkan mata.Di puncak bukit itulah Kompleks Makam Ki Ageng Sutawijaya atau yang dikenal dengan nama Bumi Arum Majasto berada. Sayangnya kondisi makam yang terletak kurang lebih 10 km dari jantung Kota Sukoharjo itu kini nampak tidak terawat. Dedaunan kering berserakan dan mengotori kompleks makam.

Siang itu makam terasa sunyi, tak ada seorang pun peziarah yang khusyuk berdoa di makam tempat jasad Ki Ageng Sutawijaya terbaring.Semasa hidupnya, Ki Ageng Sutawijaya yang juga dikenal sebagai Joko Bodho adalah tokoh yang sangat sakti. Ini tak diragukan, karena selain putra nomor 107 dari raja Majapahit terakhir, Prabu Brawijaya V sekaligus guru Jaka Tingkir yang di kemudian hari menjadi Raja Pajang dan bergelar Sultan Hadiwijaya.

 

 


 

 

 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top